Jerawatan hingga Stretch Marks? Cobalah Konsumsi Makanan Ini (2)

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 03 Jan 2018 16:15 WIB
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Mendapatkan wajah yang mulus adalah idaman semua orang. Akan tetapi terlalu banyak konsumsi makanan tak sehat berpengaruh terhadap kesehatan kulit wajah Anda.

Ada banyak tanda-tanda masalah pada kulit yang disebabkan karena Anda kurang nutrisi tertentu dari makanan. Misalnya saja, kulit kering dan keriput menunjukkan bahwa tubuh Anda kekurangan air.

Dikutip dalam The Daily Meal, berikut ini beberapa tanda-tanda masalah kulit yang bisa Anda atasi dengan cara alami sebelum beralih ke krim atau kosmetik komersial. Apa saja ya?

Baca juga: 15 Makanan Enak yang Bisa Bikin Kulit Sehat dan Cerah

6. Wajah merah

Berjerawat Hingga <i>Stretch Marks</i>? Cobalah Konsumsi Makanan Ini (2)Foto: iStock

Wajah merah ternyata bisa disebabkan karena kepanasan atau ada intoleransi terhadap makanan tertentu tanpa Anda sadari. Intoleransi umum adalah gluten atau susu, makanan ini dapat memicu sensitiviras pencernaan. Bila Anda tidak toleran terhadap maknaan tersebut, ini dapat menyebabkan kemerahan dan pembengkakan pada wajah. Jika hal ini terjadi, sebaiknya konsultasi pada ahli kulit dan alergi sehingga Anda dapat menghindari makanan tersebut.

7. Stretch marks
Penambahan berat badan sering kali disebut penyebab terjadinya strech marks. Guratan pada kulit ini memang cukup mengganggu. Selain terlalu banyak konsumsi lemak, kekurangan zinc juga menjadi peran penting dalam terjadinya hal ini. Untuk mengurangi strectch mark, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung zinc seperti bayam, udang, biji-bijian dan makanan lain yang mengandung zinc tinggi.

8. Kantung mata

Berjerawat Hingga <i>Stretch Marks</i>? Cobalah Konsumsi Makanan Ini (2)Foto: Thinkstock

Dehidrasi berkepanjangan dapat menyebabkan kulit kendur termasuk bagian bawah mata Anda. Minum segelas atau dua gelas air putih sebelum tidur dapat membantu kurangi kantung mata. Selain minum air putih yang cukup, istirahat yang cukup juga dapat meminimalisir warna gelap pada kantung mata.

9. Kulit pucat dan kurang merona
Kulit Anda akan terlihat sehat dan segar tergantu dari apa yang Anda makan. Jika Anda kekurangan nutrisi, tentu kulit akan cenderung tak sehat. Untuk mendapatkan warna kulit merona yang cantik diperlukan banyak konsumsi vitamin dan mineral. Keduanya bisa Anda dapatkan dengan konsumsi makanan yang tepat. Hindari makanan olahan dan pilihlah beragam makanan segar dan sehat.

10. Dahi berkerut

Berjerawat Hingga <i>Stretch Marks</i>? Cobalah Konsumsi Makanan Ini (2)Foto: Istimewa

Dahi dengan garis-garis yang dalam bisa saja terjadi ketika Anda terlalu banyak konsumsi gula. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula dapat menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin. Padahal keduanya merupakan zat yang menjaga kulit Anda tetap kencang.

Baca juga: Hilangkan Lingkaran Hitam dan Kantung Mata dengan 7 Bahan Alami Ini
(adr/lus)