Ahli Nutrisi Prediksi 7 Bahan Makanan Sehat Ini Akan Ngetren di 2018

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 02 Jan 2018 13:30 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Hidup sehat jadi resolusi banyak orang. Menurut para ahli nutrisi akan ada banyak bahan makanan sehat yang akan populer tahun ini.

Akhir tahun lalu forum Food & Nutrition Conference & Expo di Chicago, Amerika dihadiri oleh lebih dari 13.000 pakar nutrisi, lapor Washington Post (19/12). Mereka bersama-sama mempelajari makanan dan meneliti nutrisi serta inovasi terkait makanan.

Berikut adalah beberapa makanan yang akan menjadi tren di tahun 2018 berdasarkan hasil konferensi tersebut.

1. Omega 9
Omega 9 adalah lemak tidak jenuh tunggal atau bisa dikatakan lemak sehat. Lemak ini dapat mengatur kadar gula dalam darah dan meningkatkan berat badan yang sehat.
Ahli Nutrisi Prediksi 7 Bahan Makanan Sehat Ini Akan Ngetren di 2018Foto: iStock

Anda dapat memperoleh zat ini pada minyak goreng yang mengandung Omega 9. Alga atau ganggang yang disebut sebagai makanan super. Baru-baru ini penggunaan alga ada dalam produksi minyak goreng omega 9.

Prosesnya tidak menggunakan organisme hasil rekayasa genetika atau ekstraksi kimiawi. Minyak alga kaya akan lemak tidak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung serta rendah lemak jenuh. Minyak ini memiliki titik asap tinggi yakni sebesar 485 derajat Fahrenhait
sehingga bisa Anda gunakan untuk memanggang, membakar dan menumis.

Rasa minyak alga ini netral dan tidak berbau. Jadi Anda bisa menggunakannya untuk memasak beraneka resep yang Anda suka tanpa mengubah rasa makanannya.

2. Probiotik berbasis tanaman
Probiotik telah menjadi topik hangat di dunia nutrisi selama beberapa tahun terakhir. Probiotik adalah bakteri yang memberikan manfaat kesehatan pada tubuh seperti melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Ahli Nutrisi Prediksi 7 Bahan Makanan Sehat Ini Akan Ngetren di 2018Foto: iStock
Semakin populernya hal ini, banyak orang mencari sumber probiotik selain yoghurt dan kefir. Salah satu produk probiotik bebas susu adalah GoodBelly. Produknya hadir dalam bentuk jus, aneka minuman dan probiotik batangan.

Jadi Anda bisa mendapatkan dosis harian bakteri baik sesuai keinginan Anda. Semua varian GoodBelly memiliki bakteri strain Lp299v yang telah terbukti secara ilmiah dapat bertahan dari asam lambung dan sampai dengan aman di usus sehingga mereka bisa menjajah usus.

Dengan kata lain probiotik ini dapat bertahan dan berkembang untuk memberi manfaat yang sehat untuk tubuh Anda.

Baca Juga: Ini 15 Makanan Sumber Probiotik yang Menyehatkan Usus

3. Serabut akar chicory
Mengenalkan bakteri sehat ke saluran pencernaan Anda memang sangat baik. Namun Anda juga wajib memberikan bahan bakar yang tepat untuk membantu bakteri baik tersebut berkembang. Hal inilah awal mula prebiotik muncul.

Serabut akar chicory (inulin dan oligofructose) adalah satu-satunya prebiotik berbasis tumbuhan yang terbukti secara ilmiah memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaatnya adalah dapat mengontrol berat badan, membantu penyerapan kalsium dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.
Ahli Nutrisi Prediksi 7 Bahan Makanan Sehat Ini Akan Ngetren di 2018Foto: detikFood/iStock
Anda dapat menemukan serat akar chicory dalam berbagai makanan, termasuk bar nutrisi (ThinkThin), yogurt (Oikos Triple Zero), smoothies dan oatmeal. Anda juga dapat menemukan bubuk perbiotik yang bisa ditaburkan ke makanan dan minuman.

4.Makanan untuk diabetes tipe 3
Penyakit Alzheimer sekarang dikenal sebagai "Diabetes Tipe 3" dan "diabetes otak," karena kedua kondisi tersebut melibatkan resistensi insulin dan defisiensi. Pada 2018 orang akan lebih fokus pada pentingnya makanan untuk kesehatan otak.

Ahli Nutrisi Prediksi 7 Bahan Makanan Sehat Ini Akan Ngetren di 2018Foto: iStock
Percobaan kontrol acak pada MIND (Mediterranean-DASH untuk penundaan neurodegeneratif) diet adalah untuk melihat manfaat dari makanan kaya gizi yang seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan buah dalam mencegah penyakit Alzheimer.

Blueberry beku diberikan kepada peserta karena kaya akan antioksidan yang dinilai bermanfaat bagi otak, terutama menyangkut kehilangan memori karena penuaan.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi satu cangkir blueberry segar atau 24 gram bubuk blueberry kering beku menunjukan perubahan prsitif pada fungsi kognitif pada orang dewasa tua.

Banyak yang mengharapkan adanya bubuk blueberry untuk suplemen dan penggunaan blueberry untuk membuat bumbu dan saus pada makanan gurih juga manis.

5. Pseudograins
Menyajikan berbagai biji-bijian sehat di atas meja makan akan menjadi tantangan tersendiri karena menambah waktu masak. Hal inilah yang menyebabkan banyak perusahaan makanan membawakan biji-bijian dan pseudograins (biji tanaman yang disajikan dalam bentuk butiran seperti biji-bijian) jauh lebih cepat.
Ahli Nutrisi Prediksi 7 Bahan Makanan Sehat Ini Akan Ngetren di 2018Foto: Hasan Al Habshy
Anda dapat menemukannya pada bayam portable, soba dan quinoa dalam satu porsi juga pada bawang putih dan jamur gurih. Semua bahan tersebut dapat dimasak selama lima menit. Hanya menambahkan air mendidih saja lalu rendam bahannya dan lima menit kemudian siap untuk dimakan.

6. Stevia 2.0
Pemanis stevia masih menjadi andalan untuk memangkas kadar gula dan kalori dalam tubuh. Seiring dengan meningkatnya permintaan akan stevia, produknya kini diproduksi lebih banyak.

Saat ini Anda dapat menemukan stevia sebagai campuran minuman, campuran kue, dan lainnya. Hal ini ada agar konsumen dapat memilih hidangan favoritnya dengan rendah gula dan kalori.

Pemanis stevia lebih manis dari pada gula. Jadi Anda hanya perlu menggunakan setengah dari jumlah pemakaian gula biasa.

7. Cottage Cheese

Cottage cheese dulu hanya dikonsumsi oleh pelaku diet karena terlihat polos dan kental. Sekarang ia menjadi lebih populer karena orang terobsesi untuk menemukan banyak cara agar mengemas protein ke dalam hidangan dan makanan ringan.
Ahli Nutrisi Prediksi 7 Bahan Makanan Sehat Ini Akan Ngetren di 2018Foto: Istimewa
Sama dengan yogurt Yunani, hanya saja sedikit lebih tinggi protein dan kaya kasein yaitu protein yang bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Anda bisa menemukannya di supermarket. Adacottage cheese dengan tekstur yang meleleh di mulut dengan paduan buah asli sehingga tidak ada rasa buatan. Selain itu, keju ini rendah gula karena hanya mengandung empat gram gula dalam versi plain atau tawar.

Baca Juga: Tahun 2018, 10 Jenis Makanan Ini Akan Sering Ditemui (1)

(dvs/odi)