Makan Semangkuk Sayuran Ini Tiap Hari Bisa Cegah Penuaan Otak

Nailatul Fadhillah - detikFood Rabu, 27 Des 2017 10:20 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Penuaan otak bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan tepat. Penelitian membuktikan makan semangkuk sayuran ini tiap hari mampu memperlambat penuaan otak hingga 10 tahun.

Sebuah studi yang belum lama ini dilakukan di Chicago, Amerika mencoba mengaitkan konsumsi sayuran berdaun hijau dengan fungsi otak. Hasilnya makan sayuran hijau ternyata berdampak baik bagi otak.

Baca juga: Ini 4 Resep Praktis Mengolah Bayam dan Kangkung

Dilaporkan Metro (21/12), Rush University Medical Center menemukan bahwa orang yang makan setidaknya satu porsi kale, bayam atau selada setiap hari, memiliki tingkat penurunan kemampuan berpikir dan penyimpanan memori otak yang lebih lambat dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsi jenis sayuran ini.

Makan Semangkuk Sayuran Ini Tiap Hari Bisa Cegah Penuaan OtakFoto: Getty Images

Martha Clare Morris, yang bertugas sebagai penulis penelitian mengatakan bahwa perbedaannya setara dengan memiliki mental 11 tahun lebih muda. Hasil ini tentunya disimpulkan setelah memperhitungkan faktor lain seperti obesitas, kebiasaan merokok dan tekanan darah tinggi.

Penelitian dilakukan dengan mengamati 960 orang berusia rata-rata 81 tahun dan tidak sedang mengalami demensia selama hampir lima tahun. Peserta diminta menyelesaikan kuesioner tentang seberapa sering mereka mengonsumsi makanan tertentu, kemudian kemampuan berpikir dan ingatan mereka diuji setiap tahun selama periode tersebut.

Kuesioner tersebut menanyakan berapa banyak konsumsi bayam matang partisipan, setengah porsi kale (170gr) dan satu porsi selada mentah (340gr).

Makan Semangkuk Sayuran Ini Tiap Hari Bisa Cegah Penuaan OtakFoto: Getty Images

Peserta kemudian dibagi menjadi lima kelompok berdasarkan seberapa sering mereka memakan sayuran hijau dan berdaun. Mereka yang berada di kelompok teratas rata-rata makan 1,3 porsi sehari sementara kelompok terendah hanya makan 0,1 porsi sehari.

Baca juga: Sebelum Belanja, Cek Dulu 10 Tips Memilih Sayur dan Buah Ini! (2)

Saat ini persentase penderita demensia terus meningkat tajam, cara sederhana ini tentu dapat menjadi strategi efektif untuk mencegahnya. Yuk, praktekkan!

(adr/adr)