Salut! Ibu Ini Sumbangkan ASInya Untuk 20 Keluarga di Inggris

Devi Setya - detikFood Kamis, 21 Des 2017 10:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Jumlah ASI yang berlimpah membuat seorang ibu menjadi donor ASI untuk puluhan bayi. Aksi sosialnya ini berbuah decak kagum masyarakat.

Sebagaimana dikabarkan Metro (20/12) seorang ibu bernama Harriet Tutton dari Barry, Vale of Glamorgan, Wales, mulai mendonorkan ASI-nya untuk puluhan keluarga yang membutuhkan karena produksinya berlimpah. Wanita 28 tahun ini merupakan ibu dari seorang bayi perempuan bernama Luna.
Salut! Ibu Ini Sumbangkan ASInya Untuk 20 Keluarga di InggrisFoto: Istimewa
Sejak Luna lahir, Harriet selalu menyimpan stok ASI di rumah, namun tak disangka ASI yang ia simpan semakin hari semakin banyak. Awalnya ia memanfaatkan freezer miliknya untuk menyimpan ASI. Namun kemudian karena tempatnya terbatas, ia menggunakan freezer milik ibunya dan bahkan menggunakan freezer pasangannya.

Harriet mengakui susu yang ia simpan sangat banyak. "Akhirnya saya menemukan sebuah komunitas di Facebook yang bernana "Human milk 4 human babies" dan bergabung di dalamnya. Sejak saat itu saya mulai menyumbang susu kepada 20 keluarga di Inggris dan ini adalah sesuatu yang luar biasa," kata Harriet.

Harriet juga mengakui dirinya sangat senang bisa membantu dan berbagi dengan banyak keluarga. "Saya pernah menyuruh orang berkendara selama 5 jam untuk mengantarkan susu pada seorang ibu yang melahirkan bayi prematur. Ia menggunakan susu dari saya sebagai fortifier atau asupan nutrisi pertama," lanjut Harriet.
Salut! Ibu Ini Sumbangkan ASInya Untuk 20 Keluarga di InggrisFoto: Istimewa

Baca juga : Produksinya Berlimpah, Seorang Ibu Sumbangkan 2,5 Ton ASI-nya!

Aksi sosialnya ini membuat Harriet dibanjiri ucapan syukur dan terima kasih dari para orang tua yang mendapat donor ASI darinya. "Saya mendapat banyak ucapan terima kasih. Saya dikirimi sekotak cokelat dan kartu ucapan, saya senang melihat foto anak-anak tumbuh dengan baik karena mendapat kontribusi di kehidupan mereka dari apa yang saya miliki yakni ASI," bebernya penuh haru.

Saat ini di Wales tidak ada bank ASI sehingga banyak rumah sakit mengandalkan kurir spesialis untuk mengantarkan ASI dari pusat yang berlokasi di Chester dan Birmingham.

Meskipun kegiatannya ini bernilai positif namun Harriet mengaku masih ada saja yang menilainya dengan tanggapan negatif. "Saya hanya membagikannya dengan teman-teman karena banyak yang beranggapan menjadi donor ASI bukanlah hal yang baik. Meskipun beberapa orang yang sudah saya ajak bicara kemudian berubah pikiran dan mendukung saya," aku Harriet.

Saat ini Harriet hanya berbagi ASI secara rutin dengan seorang ibu tiga anak bernama Kay Eliot dari cardiff Bay. Keduanya sekarang jadi teman baik dan selalu menjadwalkan waktu pertemuan untuk sekedar mengajak buah hatinya bermain.

"Produksi ASI saya sangat terbatas dan Harriet memiliki banyak stok ASI. Saya senaang mengetahui Harriet bisa memberikan makanan untuk bayi saya dan juga bayi Luna, putrinya," kata Kay.

Baca juga : Kontroversial Tapi Populer, Ini Makanan yang Pernah Dibuat dari ASI! (dvs/odi)