Tingkatkan Daya Ingat dan Cegah Alzheimer dengan 10 Makanan Ini (2)

Esther Suhana - detikFood Kamis, 30 Nov 2017 10:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang menyerang daya ingat. Konsumsi makanan sehat adalah salah satu cara untuk menghindari risiko penyakit tersebut.

Kacang hingga gandum dan disertai dengan olahraga dapat membantu Anda menghindari penyakit Alzheimer.

Ini beberapa makanan yang bisa membantu tingkatkan fungsi otak sekaligus menekan risiko alzheimer.

Baca juga: Sering Lupa? Ini 8 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Perkuat Daya Ingat

6. Kacang dan Selai kacang
Meski keduanya kaya akan lemak, kacang dan selai kacang cenderung menjadi sumber lemak sehat. Dan mereka juga dikemas dengan vitamin E.

Kedua makanan tersebut dapat membantu menjaga jantung dan otak tetap sehat serta berfungsi dengan baik. Pilihan bagus lainnya adalah kacang almond dan hazelnut.

"Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa diet yang mengandung lemak sehat tinggi, rendah lemak jenuh dan lemak trans dalam gandum, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan sangat baik untuk otak dan jantung," ucap Maria C. Carrillo, PhD, direktur senior bidang medis dan hubungan ilmiah di Alzheimer's Association yang berbasis di Chicago.

7. Wine
Studi telah menunjukkan bahwa orang-orang yang konsumsi wine dalam jumlah wajar dan jenis alkohol lainnya mungkin berisiko rendah terhadap penyakit Alzheimer.

8. Buah Berry
Penelitian terbaru yang dipresentasikan pada Pertemuan Nasional American Chemical Society di Boston menemukan bahwa blueberry, stroberi, dan acai berrie dapat membantu menahan penurunan kognitif terkait usia dengan meningkatkan mekanisme fungsi otak.

Mekanisme ini membantu menyingkirkan protein beracun yang terkait dengan hilangnya ingatan manusia terkait usia.

9. Gandum
Biji-bijian kaya serat merupakan bagian integral dari diet Mediterania yang juga sarat dengan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian, minyak zaitun, dan anggur.

Penelitian dari Columbia University Medical Center di New York City menunjukkan bahwa diet ini mungkin terkait dengan penurunan risiko gangguan kognitif ringan yang dapat berlanjut pada penyakit Alzheimer.

"Kami tidak makan nutrisi secara terpisah, kami makan bersama dengan makanan lain sehingga ada nilai dalam pola diet," kata Nikolaos Scarmeas, MD, seorang profesor neurologi di Columbia University, yang melakukan penelitian.

Jenis makanan ini dapat mengurangi peradangan, stres oksidatif, dan faktor risiko vaskular lainnya seperti tekanan darah tinggi yang mungkin memiliki peran dalam meningkatkan risiko penyakit otak dan jantung.

10. Olahraga
Nah, untuk satu ini Anda tidak bisa memakannya, namun penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur setara dengan konsumsi makanan sehat.

Para ahli merekomendasikan berolahraga secara teratur juga merupakan bagian penting untuk menunda banyak penyakit termasuk penyakit Alzheimer.

"Kita tidak bisa pergi keluar dan berkata, 'Makanlah makanan ini dan Anda akan dilindungi dari penyakit Alzheimer,' tapi hampir tidak ada kerugian untuk meningkatkan aktivitas fisik Anda dan mengkonsumsi makanan yang kaya biji-bijian, sayuran, ikan, minyak sehat, kacang-kacangan, dan biji-bijian," tutup Morris.

Baca juga: Tambahkan Kayu manis pada Makanan Anak untuk Tingkatkan Daya Ingat

(adr/lus)