Mudah Lelah? Ini 10 Makanan Ampuh untuk Kembalikan Energi (2)

Nailatul Fadhillah - detikFood Rabu, 29 Nov 2017 19:23 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Disibukkan berbagai aktivitas harian, menjadi faktor utama mengapa tubuh cepat lelah. Semua ini bisa diatasi dengan konsumsi makanan sehat.

Kelelahan menjadi salah satu permasalahan yang merepotkan karena dapat menghambat Anda dalam beraktivitas.

Dilansir dari Men's Fitness (4/11), pemilik sebuah pusat kebugaran di Virginia, Jim White menyarankan untuk tidak mengkonsumsi segala jenis minuman berenergi.

Baca juga: Cepat Lelah? Tingkatkan Stamina Tubuh dengan Konsumsi 8 Makanan Super Ini

Sebagai gantinya, konsumsi beberapa jenis makanan sehat berikut ini diyakini ampuh atasi kelelahan bahkan dapat mempertahankan energi dalam tubuh untuk waktu yang lebih lama.

Mudah Lelah? Ini 10 Makanan Ampuh untuk Kembalikan Energi (2) Foto: Thinkstock

6. Kacang-kacangan
Kacang mengandung protein dan serat yang membantu meningkatkan energi dan menjaganya agar tetap stabil. Karenanya baik dikonsumsi setelah berolahraga. Makan kacang Pistachio panggang yang asin adalah cara alami untuk mendapatkan kembali beberapa elektrolit yang hilang selama berolahraga. Selain itu, kacang ini mengandung kandungan magnesium yang sehat.

7. Jamur crimini
Jamur ini adalah sumber vitamin B riboflavin, asam pantotenat, dan niacin. Juga merupakan sumber yang baik untuk thiamin, vitamin B6, dan folat. Vitamin B sangat penting untuk produksi energi, riboflavin melakukan beberapa hal untuk membantu tubuh menghasilkan energi. Termasuk juga melindungi sel tempat produksi energi, mitokondria, dari kerusakan.
Sebagai tambahan, asam pantotenat pada jamur crimini mengatasi kelelahan pada saat stres dengan mendukung kelenjar adrenal, dan niacin membantu mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan.

Mudah Lelah? Ini 10 Makanan Ampuh untuk Kembalikan Energi (2) Foto: Istimewa

8. Ubi
Selain menyuplai energi tinggi untuk menghemat karbohidrat dengan serat tinggi, ubi juga mengandung potasium.
Selain itu, ada kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit sehingga memungkinkan kita tetap terhidrasi secara maksimal. Juga membantu merilekskan tubuh dan menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi stres pada tubuh yang bisa membuat kelelahan.

9. Telur
Telur adalah sumber energi yang baik, karena mengandung zat besi, zinc, dan banyak protein. Sebuah penelitian ditahun 2009 menemukan bahwa protein tidak hanya membantu membangun otot dan membuat Anda tetap kenyang, namun juga memasok energi yang berkelanjutan.

6 gram protein dalam telur membantu menjaga kadar gula darah dan mencakup asam amino leusin, yang merupakan bagian penting dari sintesis protein yang merupakan faktor pertumbuhan dan pemulihan otot. Sementara itu, vitamin B membantu produksi energi di dalam tubuh.

Baca juga: Mau Olahraga? Santap Dulu 5 Makanan Ini Agar Lebih Berenergi

Mudah Lelah? Ini 10 Makanan Ampuh untuk Kembalikan Energi (2) Foto: iStock

10. Teh Hitam, Hijau, atau Oolong
Teh mengandung asam amino theanine yang bisa meningkatkan perhatian dan kewaspadaan. Mengandung sekitar 35-50mg kafein per cangkir. Pastikan tidak diminum terlalu dekat dengan waktu tidur, karena dapat mempengaruhi tidur. Jika tidak bisa beristirahat dengan baik, tentu tingkat energi Anda akan rendah.

(adr/adr)