Ini 10 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Penderita Diabetes (2)

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 29 Nov 2017 16:17 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Setiap orang dianjurkan konsumsi buah termasuk penderita diabetes. Walaupun rasanya manis, akan tetapi beberapa jenis buah ini aman untuk dikonsumsi.

Penelitian yang dipublikasi oleh British Medical Journal tahun 2013 pernah meneliti tentang efek diabetes pada 190.000 orang. Di dalam penelitian tersebut, para ilmuwan membandingkan efek dari memakan buah-buahan (terutama buah blueberry, anggur, dan apel) dengan diabetes. Hasilnya, ternyata buah-buahan tersebut aman dan baik dikonsumsi penderita diabetes.

Berikut ini beberapa buah-buahan yang cocok dikonsumsi penderita diabetes.

Baca juga: Kopi dan Teh Baik untuk Wanita Penderita Diabetes, Ini Kesimpulan Studinya

6. Jeruk

Ini 9 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Penderita Diabetes (2)Foto: iStock

Buah jeruk tinggi akan vitamin C dan folat sehingga sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan bantu melawan penyakit. Jeruk aman dikonsumsi untuk penderita diabetes, akrena mengandung hanya 12 gram gula yang dapat dicerna. Buah jeruk bisa dijadikan selingan ngemil atau dikonsumsi sesudah makan. Rasanya manis, membuat Anda dapat tetap berenergi tanpa ada lonjakan gula terlalu tinggi.

7. Grapefruit

Ini 9 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Penderita Diabetes (2)Foto: Thinkstock

Buah ini populer dikonsumsi pagi hari di sebagian besar negara barat. Buah ini dapat meningkatkan metabolisme dan energi Anda sehingga dapat membuat semangat sepanjang hari. Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, grapefruit sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Grapefruit juga rendah gula dan hanya memiliki kandungan gula sekitar 11 gram per buahnya.

8. Alpukat

Ini 9 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Penderita Diabetes (2)Foto: iStock

Buah alpukat memiliki tekstur yang lembut dan rasa enak. Disebut sebagai makanan super, buah alpukat ini mengandung vitamin E dan lemak omega 3 di antara nutrisi lainnya. Tak hanya itu, buah alpukat juga bebas gula. Anda dapat menikmati buah alpukat dengan paduan salad dan jangan menikmati buah alpukat dengan tambahan gula pasir atau susu kental manis yang tinggi gula.

9. Apel

Ini 9 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Penderita Diabetes (2)Foto: Istimewa

Satu buah apel mengandung gula kurang dari 10 gram per buah. Selain itu, apel juga tinggi akan serat dan juga antioksidan yang sangat baik untuk mejaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Baik apel hijau maupun apel merah sama-sama memiliki manfaat untuk kesehatan dan sangat aman dikonsumsi penderita diabetes. Untuk menambah kandungan seratnya, sebaiknya jangan hilangkan bagian kulitnya.

10. Nanas

Ini 9 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Penderita Diabetes (2)Foto: iStock

Buah nanas mengandung karbohidrat, vitamin C dan kalsium yang sangat baik untuk penderita diabetes. Nanas juga tidak mengandung kolesterol, lemak dan rendah gula. Dengan mengonsumsi sekitar 15 gram per hari, buah nanas aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Baca juga: Cegah Diabetes dan Kolesterol Tinggi dengan Makan Tomat Saat Sarapan (adr/lus)
Menu Ke-14 : Olahan Seafood Enak, Udang Bakar dan Sambal Kerang Dara

Menu Ke-14 : Olahan Seafood Enak, Udang Bakar dan Sambal Kerang Dara