Makan Kimchi Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan hingga Jaga Berat Badan (2)

Esther Suhana - detikFood Rabu, 22 Nov 2017 17:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kimchi, sayuran hasil fermentasi memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tak hanya lancarkan pencernaan, kandungan probiotiknya juga dapat tingkatkan sistem imun.

Dalam kimchi seperti vitamin A, B1, B2, dan vitamin C. Tidak hanya vitamin, kimchi juga rendah kalori, berserat tinggi, dan mengandung antioksidan. Masyarakat Korea Selatan sangat menyukai kimchi sehingga banyak dari mereka yang tubuhnya jarang sakit dan tetap sehat.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari konsumsi kimchi.

Baca juga: Ini Manfaat Makan Kimchi Bagi Kesehatan

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Makan Kimchi Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan hingga Jaga Berat Badan (2)Foto: iStock

Kimchi yang tinggi gizi sangat kaya dengan berbagai flavonoid dan komponen fenolik. Berbagai bahan yang termasuk jahe, bawang putih dan cabai terlibat dalam persiapan kimchi merupakan super pelindung yang terkenal.

Bahan-bahan tersebut memberikan efek yang menguntungkan pada sistem kekebalan tubuh. Mereka membantu dalam melawan infeksi dan sangat ampuh dalam menyembuhkan gejala pilek dan flu.

7. Menghambat penuaan

Makan Kimchi Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan hingga Jaga Berat Badan (2)Foto: Getty Images

Manfaat berharga lainnya yang disediakan oleh kimchi adalah kualitas anti-penuaan yang dapat dikaitkan dengan kandungan antioksidan dan vitamin C. Sebuah studi yang mengevaluasi aktivitas anti-penuaan kimchi telah mengungkapkan bahwa hal itu membantu dalam mengatur dan menghaluskan peradangan yang mempercepat proses penuaan.

Studi yang sama juga menunjukkan hasil yang menjanjikan berkaitan dengan faktor-faktor seperti pengurangan stres oksidatif dalam sel, penghambatan peroksidasi lipid dan memperpanjang umur sebagai komponen anti penuaan.

8. Mencegah kanker

Makan Kimchi Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan hingga Jaga Berat Badan (2)Foto: iStock

Salah satu penyakit berbahaya ini dapat hindari jika Anda mengonsumsi kimchi dalam jumlah yang benar. Kimchi membantu dalam mengurangi risiko pengembangan berbagai macam kanker. Hal ini telah diuji coba yang dilakukan pada sampel yang telah divalidasi sifat anti kanker.

Sawi menjadi bagian dalam pembuatan kimchi. Sawi mengandung flavonoid sehat yang dikenal untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Glucosinolatesnya memecah dalam bentuk isothiocyanates yang terkenal untuk efektivitas mereka terhadap pertumbuhan kanker.

9. Mengobati diabetes

Makan Kimchi Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan hingga Jaga Berat Badan (2)Foto: iStock

Sebuah penelitian yang dilakukan pada penderita diabetes tipe 2 dengan diet tinggi lemak yang diberi kimchi mengungkapkan sifat anti-diabetes.

Studi ini menunjukkan toleransi glukosa yang lebih baik dan kadar glukosa puasa yang lebih rendah setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung kimchi pada penderita diabetes.

Selain itu, peneliti juga menyarankan agar kimchi bisa lebih bermanfaat untuk penderita diabetes jika dikonsumsi dengan diet normal atau rendah lemak, bukan makanan berlemak tinggi.

10. Mengurangi radang lambung

Makan Kimchi Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan hingga Jaga Berat Badan (2)Foto: thinkstock

Kimchi memberikan efek terapeutik pada gastritis dan penyakit ulkus peptik yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter Pylori. Sebuah studi yang dilakukan dalam hal ini telah menunjukkan bahwa aktivitas kimchi terhadap banyaknya bakteri Lactobacillus yang dapat menghambat patogen berbahaya yang menghubungkan ke sel kanker lambung manusia.

Baca juga: Kimchi, Superfood Asal Korea yang Bisa Turunkan Kolesterol dan Gula Darah

(adr/lus)