Wah, 10 Makanan Ini Ternyata Picu Perut Kembung! (2)

Nailatul Fadhillah - detikFood Sabtu, 18 Nov 2017 16:00 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Kembung disebabkan penumpukan gas dan angin yang terjadi karena makan berlebihan. Selain itu, melahap makanan ini juga bisa memicu perut kembung.

Pembengkakan abnormal di sekitar perut disebabkan oleh penumpukan gas dan angin atau dikenal dengan kembung. Hal ini tentu menimbulkan perasaan tidak nyaman.

Baca juga: Saat Perut Kembung, Segera Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini

Agar tak alami kembung, sebaiknya hindari makanan yang tinggi gas. Seperti dijelaskan Boldsky (17/11), berikut makanan yang ternyata sebabkan kembung.

6. Makanan yang digoreng

Wah, 10 Makanan Ini Ternyata Picu Perut Kembung!  (2)Foto: Istimewa

Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna gorengan karena kandungan lemaknya yang tinggi. Hal ini berakibat pada pembentukan gas. Makanan yang digoreng juga tinggi sodium sehingga tubuh Anda menyimpan air yang pada akhirnya menimbulkan kembung.

7. Es krim

Wah, 10 Makanan Ini Ternyata Picu Perut Kembung!  (2)Foto: Food Navigator/Thinkstock

Es krim adalah produk susu yang bisa menyebabkan kembung pada orang yang alami intoleransi laktosa. Es krim juga biasanya dibuat dari susu berlemak tinggi sehingga bisa sebabkan perut kembung pada orang normal juga.

8. Popcorn

Wah, 10 Makanan Ini Ternyata Picu Perut Kembung!  (2)Foto: iStock

Popcorn mengandung sodium dalam jumlah tinggi, yang akan membuat tubuh mempertahankan air. Selain itu, popcorn mengandung karbohidrat tertentu yang sulit dipecah oleh tubuh. Tak heran Anda akan merasa cepat kembung usai melahapnya.

Baca juga: Konsumsi Makanan Ini Agar tak Kembung Saat Traveling dengan Pesawat

9. Pemanis buatan

Wah, 10 Makanan Ini Ternyata Picu Perut Kembung!  (2)Foto: iStock

Pemanis buatan mengandung gula kompleks yang sulit dipecah oleh tubuh sehingga menyebabkan gas dan kembung. Beberapa merek pemanis buatan juga diketahui mengandung alkohol, yang membuatnya lebih parah. Cara terbaik adalah menggunakan gula alami jika Anda sering mengalami kembung.

10. Kacang-kacangan

Wah, 10 Makanan Ini Ternyata Picu Perut Kembung!  (2)Foto: Getty Images

Makan kacang-kacangan sebabkan kembung pada sebagian besar orang. Ini karena tingginya zat oligosakarida yang terkandung pada kacang. Zat ini tidak dapat dicerna oleh tubuh. Untuk menghindarinya, imbangi konsumsi kacang-kacangan dengan makanan berserat tinggi. Jenis makanan ini membuat kacang-kacangan bisa dicerna lebih cepat dan dapat mengeluarkan bahan yang tidak dapat dicerna dari tubuh.

(adr/adr)