Konsumsi Makanan Ini Agar tak Kembung Saat Traveling dengan Pesawat

Regita Lorena - detikFood Jumat, 11 Agu 2017 18:59 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bepergian dengan pesawat sering memicu mabuk dan perut kembung. Ada baiknya pilih makanan tertentu agar perut lebih nyaman selama perjalanan.

Mabuk saat naik pesawat udara bisa menyebabkan perut kembung dan sembelit. Terutama jika rutinitas makan terganggu atau melewati zona waktu makan.

Tapi, ahli deit Rebecca Gawthorne, menyebutkan ada cara cepat dan mudah menghilangkan ketidaknyamanan perut dan pencernaan saat mabuk.

Buah pirBuah pir Foto: Thinkstock

Baca juga : Agar Tak Mabuk, Sebelum Naik Pesawat Hindari Makan Ayam Goreng dan Ikan

Gawthorne merekomendasikan untuk memakan buah pir saat berada di pesawat udara agar pencernaan tetap bekerja seperti biasanya.

"Campuran serat dan gula alami yang ada pada pir, sorbitol dan fruktosa, dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan mencegah sembelit," kata Gawthrone, seperti yang dikabarkan huffingtonpost.com.au (10/8)

Gawthrone juga mengatakan bahwa sistem pencernaan dan usus yang sehat dapat membantu meningkatkan energi. Sistem pencernaan yang sehat akan membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan serta membangun kekebalan tubuh.

"Untuk mendapatkan manfaat kesehatan penuh dari buah pir, makanlah kulitnya, karena ada manfaat tambahan yang tersembunyi pada kulit pir," tambah Gawthorne.

Buah pir.Buah pir. Foto: Australia Plus ABC

Namun, konsultan gizi Charlotte Stirling-Reed mengatakan bahwa mengonsumsi pir mungkin tidak akan jadi obat seperti yang diharapkan.

"Pir adalah buah dengan serat yang tinggi, sehingga bagus jika disertakan dalam pola makan seimbang dan Pastinya baik dijadikan camilan atasi sembelit di saat liburan. Tapi, setiap orang berbeda, sehingga buah pir mungkin tidak akan menjadi obat bagi semua orang. Selain itu, variasi buah selalu menjadi kunci utama dalam hal konsumsi buah dan sayuran," kata Charlotte.

"Bagi orang-orang yang menginginkan kudapan yang baik untuk bepergian, buah dan sayuran akan selalu jadi makanan terbaik. Tapi, makanan seperti kerupuk, oatcakes, roti, hummus, dan minum banyak air merupakan ide bagus untuk menjaga tingkat energi," ungkap Charlotte.

Baca juga : Cegah Mabuk Perjalanan Saat Mudik dengan Konsumsi Makanan Ini (lus/odi)
Load Komentar ...