Wah, 10 Makanan Ini Ternyata Picu Perut Kembung! (1)

Nailatul Fadhillah - detikFood Sabtu, 18 Nov 2017 15:32 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Perut kembung bisa dipicu oleh makanan yang Anda konsumsi. Entah karena makanan mengandung zat yang sulit dicerna atau karena zat yang menahan air dalam tubuh.

Perut kembung kerap dialami banyak orang. Mereka berpikir gejala ini dipicu kebiasaan makan yang berlebihan, padahal bisa jadi karena jenis makanan yang dikonsumsinya.

Dilansir dari Boldsky (17/11), beberapa makanan berikut ternyata bisa memicu perut kembung. Sebaiknya batasi konsumsinya agar perut tetap nyaman.

Baca juga: Perut Kembung dan Begah Bisa Diatasi dengan Makanan Enak Ini (1)

1. Garam

Wah, 10 Makanan Ini Ternyata Picu Perut Kembung! (1)Foto: Thinkstock

Kelebihan sodium adalah sebab utama tubuh menyimpan air. Sodium membuat sel tubuh mempertahankan air, sehingga bagian perut akan menggembung. Kelebihan sodium juga mempengaruhi kemampuan ginjal untuk menyaring air dari aliran darah kita. Hal inilah yang membuat kelebihan air sulit dikeluarkan dari tubuh dan sebabkan kembung.

2. Alkohol

Wah, 10 Makanan Ini Ternyata Picu Perut Kembung! (1)Foto: iStock/Oddity Central

Alkohol bisa mengurangi kemampuan perut untuk mengosongkan bagiannya sendiri. Selain itu, konsumsi alkohol juga memicu dehidrasi sehingga tubuh mempertahankan lebih banyak air yang sebabkan kembung.

3. Kubis

Wah, 10 Makanan Ini Ternyata Picu Perut Kembung! (1)Foto: iStock

Konsumsi sayuran seperti kubis dan kembang kol bisa sebabkan kelebihan gas dan kembung. Sayuran ini mengandung fruktosa dan ruffinose, yang tidak bisa benar-benar dicerna perut. Hal ini menyebabkan penumpukan gas saat kubis dicerna menuju usus bawah dan melepaskan metana.

Baca juga: 4 Hal Sederhana Ini Bisa Sebabkan Perut Kembung dan Begah

4. Produk susu

Wah, 10 Makanan Ini Ternyata Picu Perut Kembung! (1)Foto: Ilustrasi/thinkstock

Produk susu menyebabkan kembung pada orang dengan intoleransi laktosa, karena tubuh mereka tidak dapat benar-benar mencerna gula di dalamnya. Hal ini menyebabkan kembung dan terbentuknya gas.

5. Minuman berkarbonasi

Wah, 10 Makanan Ini Ternyata Picu Perut Kembung! (1)Foto: Thinkstock

Minuman berkarbonasi mengandung karbon tinggi, yang merupakan zat pembentuk gas. Karbon bereaksi buruk dengan asam di perut sehingga menyebabkan kembung parah.

(adr/adr)