Ada Susu di 'Revolusi Putih', Sebenarnya Apa Saja Sih Kandungan Susu Sapi?

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 27 Okt 2017 18:44 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta -

Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto menggagas gerakan 'Revolusi Putih'. Salah satunya memberikan susu pada anak-anak agar mendapatkan asupan dan gizi yang mumpuni.

Untuk membangun karakter bangsa yang sehat dan kuat, Prabowo Subianto dan Partai Gerindra mengusulkan gerakan Revolusi Putih pada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Warna putih dalam gerakan ini identik dengan warna susu.

Baca juga: Ramai Soal 'Revolusi Putih,' Susu Bisa Diolah Jadi Puding hingga Smoothies

Foto: Thinkstock

Menurut Gerindra, untuk kawasan Asia Tenggara saja, Indonesia berada dalam posisi terbawah dalam hal konsumsi susu. Dalam program ini, nantinya semua murid dan pelajar di DKI dari sekolah negeri dan sekolah swasta yang tidak mampu akan dapat makanan gratis berupa susu, kacang hijau dan telur rebus setiap hari di sekolahnya.

Susu memang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Di Indonesia susu juga banyak jenisnya, ada susu sapi, susu kambing, susu kedelai hingga susu almond. Meskipun tidak dihasilkan dari kelenjar mamae, susu nabati yang terbuat dari kacang kedelai dan almond sudah populer di Indonesia.

Foto: iStock

Dalam 100 ml susu sapi mengandung energi sebesar 61 Kkal, 3,2 gram protein, 3,5 gram lemak, 4,3 gram karbohidrat dan 143 mg kalsium. Sedangkan untuk 100 ml susu kambing mengandung energi sebesar 64 Kkal, 4,3 gram protein, 2,3 gram lemak, 6,6 gram karbohidrat dan kalsium 98 mg.

Jika dibandingkan, dari segi energi susu kambing lebih besar tetapi kalsiumnya lebih tinggi susu sapi. Walaupun tinggi nutrisi, bukan berarti anak-anak hanya diprioritaskan konsumsi susu. Karena, protein dan juga kalsium bisa didapatkan dari bahan makanan lain seperti ikan, daging ayam hingga telur.

Baca juga: Minum Susu Itu Perlu, Karena Lemak dalam Susu Justru Menyehatkan



(msa/odi)
Load Komentar ...