Ngidam Makanan Saat Haid? Ternyata Ada Alasan Ilmiahnya Lho

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 23 Okt 2017 16:50 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Layaknya hamil, saat haid wanita kerap ngidam makanan tertentu. Ternyata ini dipengaruhi perubahan hormon dalam tubuh.

Dikutip dari Boldsky (22/10), para pakar menyebut ketika haid, tubuh wanita alami perubahan fisiologis. Beberapa hormon jadi rusak hingga menyebabkan tubuh membutuhkan nutrisi tertentu.

Saat haid pula, ada lebih banyak Endogenous Opioid Peptides (EOP) aktif yang membuat keinginan makan makanan tertentu atau ngidam muncul. Tak heran, wanita ingin melahap makanan asin atau cokelat saat sedang menstruasi.

Ngidam Makanan Saat Haid? Ternyata Ada Alasan Ilmiahnya LhoFoto: iStock

Baca Juga: Kram dan Nyeri Jelang Haid Bisa Diredam dengan Makanan Enak Ini

Beberapa penelitian menemukan 50% wanita ngidam cokelat saat masa awal haid. Alasan utama dari hal ini adalah cokelat tinggi magnesium yang tidak banyak dimiliki tubuh wanita saat sedang haid.

Tak masalah mengikuti ngidam tersebut. Namun untuk pilihan lebih baik, makanlah dark chocolate yang tidak tinggi gula.

Baca Juga: Agar Tak Kembung Saat Haid Jangan Konsumsi Brokoli dan Kopi

Ngidam Makanan Saat Haid? Ternyata Ada Alasan Ilmiahnya LhoFoto: Popsugar/Thinkstock

Selain itu, ngidam yang sering muncul adalah ngidam makanan manis dan tinggi lemak seperti permen dan kentang goreng. Secara ilmiah, ngidam ini timbul karena kadar hormon stres bernama kortisol naik sedangkan hormon kebahagiaan bernama serotonin turun.

Fluktuasi tersebut sebabkan wanita yang sedang haid inginkan makanan tinggi gula dan lemak. Untuk memenuhi keinginan ini, Anda bisa makan secukupnya tapi jangan berlebihan agar tak picu kenaikan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

(adr/odi)