Mau Jadi Vegetarian Seperti Mo Sidik? Ini Saran Ahli Gizi

Aisyah Kamaliah - detikFood Selasa, 17 Okt 2017 13:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Mo Sidik, seorang stand up comedian mengaku sudah menjadi vegetarian sekitar 3 bulan. Terinspirasi? Ini saran ahli gizi untuk Anda yang ingin coba.

Sejak menonton film dokumenter 'What the Health', Mo Sidik mengaku terinspirasi untuk mengubah pola makannya menjadi vegetarian. Hal ini ia ungkapkan lewat vlog yang Raditya Dika unggah kemarin.

Menjadi vegetarian tentu ada manfaatnya karena banyak mengonsumsi sayur dan buah. Tapi tidak gampang menjalaninya. Selain harus menjaga diri dengan makan nabati, ada hal lain juga yang harus dipahami seperti diungkap oleh Jansen Ongko, M.Sc, R.D, seorang ahli gizi kepada detikHealth, Selasa (17/40/2017).

Mau Jadi Vegetarian seperti Mo Sidik? Ini Saran Ahli GiziFoto: iStock


Baca juga: Rasanya Tak Selalu Hambar, Makanan Vegan Juga Diolah dengan Rasa Enak

Menurut pria yang memiliki panggilan akrab Jansen ini, diet vegetarian sebenarnya cocok saja dijalankan oleh siapapun. Akan tetapi, ketika ingin memulai diet ini sebaiknya tetap melakukan konsultasi dengan dokter, terutama bagi orang yang mengidap anemia.

"Karena biasanya orang dengan vegetarian ini cenderung kekurangan zat besi, vitamin B, dan protein. Jadinya status kesehatan mereka bukannya membaik jadi memburuk," ungkap Jansen.

Mau Jadi Vegetarian seperti Mo Sidik? Ini Saran Ahli GiziFoto: iStock


Ketua Umum Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) ini menceritakan banyak konsep yang salah dari menjadi vegetarian. Menurutnya, bukan karena seseorang mengeleminasi daging maka bisa menjadi jaminan hidupnya akan sehat.

"Padahal, pola makan yang baik adalah yang seimbang. Itulah mengapa bagi yang ingin menjalani diet vegetarian harus memiliki pemahaman gizi yang baik dulu," pungkasnya.

Baca juga: Mau Mulai Jadi Vegetarian? Jangan Ekstrem, Lakukan Secara Bertahap (msa/odi)
Load Komentar ...