Pengaruh Teman Kerja hingga Tak Bawa Bekal ke Kantor Bisa Bikin Berat Badan Naik

Esther Suhana - detikFood Jumat, 13 Okt 2017 17:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Ada banyak alasan yang membuat berat badan pekerja naik drastis. Selain bosan, ngemil dan pengaruh teman dinilai bisa memicu kenaikan berat badan. Benarkah?

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa karyawan kantoran akan meningkat berat badannya dalam setahun awal masa kerja. Namun, penurunan berat badan karyawan pun berpengaruh pada produktivitas kerjanya. Seperlima dari mereka justru menyalahkan teman kantor karena ukuran pinggangnya melebar. Sementara itu 1 dari 10 orang mengklaim bahwa bosnyalah yang harus bertanggung jawab.

Baca juga: Agar Tak Tergoda Ngemil Tak Sehat di Kantor, Siasati dengan 5 Cara Ini

Dikutip dalam Metro (12/10) Enam dari sepuluh orang mengaku bahwa pekerjaan yang lebih banyak duduk di meja selama delapan jam sehari telah berkontribusi pada kenaikan berat badan. Lebih dari setengahnya juga mengatakan bahwa mereka tidak bisa menahan ngemil biskuit, permen dan kue yang dibawa oleh rekan kerjanya. Dan 1 dari 6 orang mengatakan satu-satunya cara mereka bisa sukses dengan diet baru jika rekan kerja mereka bergabung untuk sama-sama menjalani pola hidup sehat.

Pengaruh Teman Kerja hingga Tak Bawa Bekal ke Kantor Bisa Bikin Berat Badan NaikFoto: iStock

"Ketika kita berada di tempat kerja dan energi dalam tubuh menurun, kita cenderung untuk menyantap camilan seperti biskuit atau cokelat untuk mendapatkan dorongan energi yang cepat," tutur Dr Emma Derbyshire, seorang Gizi Kesehatan Masyarakat.

Derbyshire juga menambahkan bahwa, "Namun, kadar gula darah kita akan cepat turun jika mengonsumsi makanan tersebut. Sebaiknya pilih buah-buahan sebagai camilan sehat seperti blueberry atau raspberry yang dibawa sendiri dari rumah. Raspberry dan Blueberry memberikan sumber energi dan mengandung antioksidan serta serat yang baik," lanjutnya.

Kue ulang tahun, makan siang atau sarapan gratis dari bos dan vending machine yang tersedia di kantor bisa jadi salah satu penyebab kenaikan berat badan. Sementara 17 persen orang yang ikut dalam sebuah survei mengatakan mereka yang bekerja di dekat gerai fast food juga bisa jadi masalahnya. Sementara itu, 6 dari 10 orang merasa tidak mungkin menahan makan saat ditawarkan oleh teman kantor.

Dalam temuan ini juga menunjukkan bahwa tekanan kerja juga menyebabkan para pekerja memilih untuk redakan stres dengan ngemil cokelat, biskuit atau kue. 34 persen mengaku cenderung tergoda saat sedang sibuk, sementara 54 persennya akan makan tidak sehat jika merasa stres. 'Friday feeling' juga berkontribusi 27 persen terhadap konsumsi makanan tak sehat dan 26 persen tidak melihat apa yang mereka makan ketika bosan.

Pengaruh Teman Kerja hingga Tak Bawa Bekal ke Kantor Bisa Bikin Berat Badan NaikFoto: Thinkstock

Hampir seperempat pekerja mengatakan ketika mereka melakukan diet, rekan mereka tidak menganjurkannya. Dan 38 persen mengatakan tak bisa menolak kebaikan hati atasannya.

Dr Emma Derbyshire yang melakukan penelitian melalui OnePoll.com menambahkan, "Gaya hidup dikantor bisa jadi masalah yang besar untuk ukuran lingkar pinggang Anda. Solusinya adalah dengan minum air putih yang cukup, simpan makanan dan minuman manis dan mulailah konsumsi makanan ringan yang sehat seperti sayuran, kacang-kacangan dan buah berry."

"Biasakan kebiasaan ini saat Anda di sekolah, pesta atau di kantor saat perut kosong sebaiknya tidak segera beralih ke biskuit, cokelat dan permen," lanjut Dr Emma.

Pengaruh Teman Kerja hingga Tak Bawa Bekal ke Kantor Bisa Bikin Berat Badan NaikFoto: iStock

Berikut ada 10 alasan yang sering terjadi naiknya berat badan di tempat kerja:

1. Duduk di meja untuk waktu yang lama
2. Stres
3. Kebosanan
4. Merasa lelah
5. Terlalu lelah untuk berolahraga
6. Terlalu banyak ngemil kue dan biskuit gratis dari teman kantor
7. Tidak punya waktu untuk berolahraga
8. Cuaca yang buruk
9. Melewatkan jam makan
10. Selalu membeli makan siang di luar, tidak membawa makanan yang dibuat sendiri dari rumah

Baca juga: Cegah Perut Buncit, Ini 6 Cara Atur Asupan Makanan di Kantor

(adr/odi)
Load Komentar ...