Cegah Rambut ​Rontok ​dengan Konsumsi 12 Makanan ​Enak ​Ini (2)

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Kamis, 12 Okt 2017 16:27 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Rambut sehat tak hanya perlu perawatan dari luar. Asupan makan juga bisa membantu pertumbuhan rambut sehat dan kuat.

Bila ingin punya rambut yang tumbuh sehat dan bersinar, coba mulai atur pola makan. Semakin sehat tubuh kita, makan tampilan luar juga nampak lebih sehat termasuk rambut. Selain memakai berbagai produk rambut, makanan juga ikut berperan dalam kesehatan rambut. Untuk itu, cobalah rutin konsumsi beberapa makanan yang disarankan oleh The Daily Meal berikut ini.

Baca juga: Rambut Rontok? Agar Tak Makin Parah, Seringlah Konsumsi Makanan Enak Ini (1)

7. Lentil

Asam folat bisa membantu menutrisi rambut Anda. Lentil mengandung protein, zat besi, zinc dan biotin. Sehingga lentil sering dijadikan sebagai makanan untuk menunjang rambut yang sehat dan lebat.

Tiram ternyata juga baik untuk kesehatan rambut.Tiram ternyata juga baik untuk kesehatan rambut. Foto: iStock

8. Tiram

Tiram kaya akan mineral yang disebut zinc. Jika tubuh Anda kekurangan mineral maka Anda akan kehilangan rambut bahkan hingga kehilangan rambut pada bulu mata Anda. Untuk mendapatkan asupan zinc yang cukup, Anda bisa mengkonsumsi daging sapi, kepiting, lobster, dan sereal yang difortifikasi.

9. Daging Merah
Setiap makanan memiliki dampak negatif dan positifnya sendiri, daging merah ini mungkin saja saja mengandung lemak tinggi. Akan tetapi makanan ini tinggi zat besi sehingga sangat baik untuk kesehatan jaringan sel. Daging merah bisa diolah menjadi burger ataupun steak.

Ikan salmon mengandung tinggi omega 3.Ikan salmon mengandung tinggi omega 3. Foto: iStock

10. Ikan Salmon
Salmon, sarden, dan mackerel adalah jenis-jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3. Sebanyak 3% dari helai rambut anda terdiri dari asam lemak omega-3. Omega 3 ini terdapat pada membran sel di kulit kepala dan pada minyak di rambut Anda yang membuat rambut Anda tetap terhidrasi.

Selain itu, mengkonsumsi omega-3 juga dapat membuat rambut sehat dan berkilau lantaran asam lemak omega-3 menyehatkan folikel rambut Anda.

11. Bayam
Nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh terdapat di berbagai jenis sayuran hijau seperti bayam. Bayam kaya akan vitamin A, zat besi, beta karoten, folat, dan vitamin C. Kandungan itulah yang akan menjaga kesehatan kulit Anda. Efeknya akan membuat rambut Anda tetap lembab dan tidak kering.

Ubi jalar.Ubi jalar. Foto: Getty Images

12. Ubi Jalar
Ubi jalar mengandung antioksidan yang disebut beta karoten, tubuh Anda akan mengubah beta karoten ini menjadi vitamin A. Hal ini dapat membantu tubuh Anda untuk menghindari rambut kering. Vitamin A juga merangsang kelenjar di kulit kepala Anda untuk memproduksi cairan minyak atau yang disebut dengan sebum untuk membantu agar rambut Anda tidak kering.

Baca juga: Rambut Rontok? Agar Tak Makin Parah, Seringlah Konsumsi Makanan Enak Ini (2) (lus/odi)
Load Komentar ...