Jagung dan Bit Juga Diolah Jadi Bahan Kosmetik Perawatan Kulit

Nailatul Fadhillah - detikFood Selasa, 10 Okt 2017 14:16 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Ada banyak bahan makanan yang dipakai pada produk kecantikan. Mulai dari jagung hingga lobak bisa membantu perawatan rambut maupun kulit.

Saat ini lobak, kacang-kacangan, dan beberapa makanan lain mulai digunakan dalam produk kecantikan. Sebab bahan alami sudah teruji bagi untuk tubuh.

"Pasien menunjukkan ketertarikan yang lebih besar pada perawatan kulit alami," kata Doris Day, M.D., profesor dermatologi klinis di New York University Langone Medical Center, dilansir dari Foxnews (7/10).

Kita seringkali mendengar persepsi bahwa bahan alami lebih baik untuk Anda dan lingkungan. Namun kini hal tersebut tak lagi hanya menjadi persepsi belaka.

Para pakar kosmetik khususnya, sudah menyadari bahwa bahan alami ini ternyata bisa dimanfaatkan secara efektif. Hal ini didukung dengan adanya beberapa antioksidan yang dapat dihasilkan oleh makanan.

Ni'Kita Wilson, seorang ahli kimia kosmetik, mengatakan, "Perusahaan memiliki ketertarikan besar dalam melihat lebih dekat berbagai jenis makanan yang berbeda untuk mengetahui apa yang bisa dimanfaatkan menjadi sebuah produk."

Berikut beberapa penemuan dalam kosmetik dari lima bahan makanan yang masih baru digunakan dalam dunia kecantikan.

Jagung dan Bit Juga Diolah Jadi Bahan Kosmetik Perawatan KulitFoto: iStock


1. Jagung
Formulasi dari jagung digunakan oleh Rita Hazan True Color Shampoo untuk membuat busa yang lembut dan untuk mempertahankan warna rambut. Jagung adalah alternatif yang efektif untuk eksfolian sintetis dan agen pengikat sintetis. Caudalie Deep Cleansing Exfoliator juga sudah menggunakan jagung pada produknya.

Baca juga: Wah, Aplikator Eyeliner Ini Bentuknya Mirip Seperti Alat Pemotong Pizza!

2. Kacang-kacangan
Ekstrak navy bean telah terbukti dapat mengurangi melanogenisis atau mengurangi produksi pigmen dan bercak hitam. Ini dibuktikan oleh produk TimeWise Tone-Correcting Serum dan ClearProof Deep-Cleansing Charcoal Mask. Tak hanya itu, ternyata kacang hijau juga sudah lama digunakan dalam pengobatan China sebagai agen detoksifikasi dan pendinginan. Ini dipakai dalam produk Wei Mung Bean Sprout Stress-Relieving Soothing Mask.

Jagung dan Bit Juga Diolah Jadi Bahan Kosmetik Perawatan KulitFoto: iStock


3. Kacang polong
Ekstrak kacang polong yang digunakan sebagai bahan dasar produk Honestly Uplifted Volumizing dari Honest Beauty, dapat memperkuat helai rambut dengan membentuk selaput yang tidak terlihat. Pada kulit, selaput yang sama dapat mempertahankan kelembapan. Ole Henriksen Sheer Transormation Perfecting Moisturizer merupakan contoh produk yang ikut menggunakan polong pada kulit.

4. Bit
Bit dikenal sebagai pelembab super, sehingga dipakai dalam segala jenis formulasi. Salah satunya dalam Gel Ekspur pH Pro-Gycolic 10% dari Tula. Turunan bit yang menghidrasi bisa membantu melawan gangguang dari luar seperti polusi dan radiasi UV. Sementara itu, ekstrak bit pada Pili Ani Intense Hydrating Facial Cream membantu meningkatkan konsentrasi NMF (natural moisturizing factor) pada kulit Anda.

Jagung dan Bit Juga Diolah Jadi Bahan Kosmetik Perawatan KulitFoto: iStock


5. Lobak
Fermentasi sayur ini dapat dimanfaatkan untuk produk kosmetik. Mulai dari lipgloss sampai produk penata rambut. Salah satu produknya adalah HydroPeptide Perfecting Gloss dan Ouidad Curl Immersion Silky Soufflé Setting Creme.

(msa/odi)