Ini Dia 9 Makanan yang Bisa Cegah Kanker Payudara (2)

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Senin, 09 Okt 2017 16:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Olahraga dan konsumsi makanan sehat bisa bantu pencegahan kanker payudara. Ini dia makanannya!

Kumpulan sel kanker membentuk tumor yang berkembang secara cepat di jaringan payudara dan bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain. Indikasi pertama dari kanker payudara umumnya disadari dengan adanya benjolan atau kulit yang menebal di payudara. Makanan sehat ini bisa mencegah dan mengurangi risiko kanker payudara. Apa saja?

6. Buah Delima

Buah delima memiliki banyak kegunaan dan kaya akan flavonoid dan polifenol. Dalam uji cobanya pada hewan tikus, ekstrak buah delima dan minyak biji delima mengurangi terjadinya kanker payudara sebesar 87 persen. Walaupun Anda mengkonsumsinya dalam jumlah banyak, buah ini tidak memberikan efek samping.

Selain mencegah kanker, buah delima juga bisa memberikan efek kesehatan. Direkomendasikan agar Anda mengkonsumsi satu buah delima dengan ukuran sedang setiap harinya. Untuk cara yang lebih variatif Anda juga bisa menjadikan jus murni sebagai alternatifnya.

Baca juga: Kopi Bisa Cegah Kanker Payudara?

Kunyit yang berfungsi sebagai anti inflamasi bisa bantu cegah kanker payudara.Kunyit yang berfungsi sebagai anti inflamasi bisa bantu cegah kanker payudara. Foto: iStock

7. Kurkumin

Kurcumin bisa menyebabkan kematian sel kanker dan efektif untuk mencegah kanker payudara. Selain sehat ternyata kurkumin juga merupakan bahan aktif dalam bumbu kunyit dan digunakan untuk menyiapkan masakan kari yang lezat.

Kunyit merupakan salah satu dari 14 makanan terbaik yang melindungi dari perkembangan kanker. Manfaat kesehatan lainnya dari kunyit yaitu anti inflamasi sehingga dapat digunakan untuk mengobati osteoartritis lutut dan juga dapat meremajakan kulit Anda.

8. Minyak ikan

Asam lemak omega-3 bisa Anda temukan di beberapa makanan seperti ikan. Studi ilmiah tahun 2013 oleh The British Medical Journal menunjukkan bahwa asupan reguler ikan air tawar dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 14 persen. Dengan mengkonsumsi dua porsi ikan setiap minggunya.

Selain itu, asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya mencegah kanker payudara karena mengandung EPA (Asam eicosapentaenoic) dan DHA (docosahexaenoic acid) yang sangat dibutuhkan tubuh.

Minyak zaitun Minyak zaitun yang dapat mengurangi risiko kanker payudara 68 persen. Foto: iStock

9. Minyak Zaitun

Karena dibuat tanpa bahan kimia atau proses yang dapat mengurangi khasiatnya, para ilmuwan merekomendasikan untuk menambahkan dua sendok makan minyak zaitun jenis ini ke dalam salad atau sayuran Anda. Minyak Zaitun extra virgin bisa mengurangi risiko kanker payudara hingga 68 persen.

Baca juga: Rajin Konsumsi Brokoli dan Tomat untuk Cegah Kanker Payudara (lus/odi)