Tak Disangka! 13 Makanan Ini Justru ​Mengandung Banyak​ Garam (2)

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Rabu, 04 Okt 2017 17:00 WIB
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Hati-hati, beberapa makanan ternyata mengandung garam yang 'tersembunyi'. Jika berlebih, tentu bisa timbulkan efek tekanan darah tinggi hingga obesitas.

Tiap tambahan garam sebanyak 1 gram pehari dapat meningkatkan risiko obesitas sekitar 25%. Sehingga perlu diperhatikan label ketika Anda membeli beberapa bahan makanan ini.

Baca juga: Wah, Ternyata Kadar Garam dalam Makanan Cepat Saji Anak Cukup Tinggi

7. Makanan berlabel "Mengurangi Sodium"

Jika Anda melihat label "mengurangi sodium" pada makanan, mungkin disajikan dengan sedikit garam. Namun, istilah yang diatur FDA ini berarti bahwa makanan hanya memiliki sodium 25 persen lebih sedikit daripada produk aslinya. Jadi untuk makanan beku yang mengandung 1.000 mg sodium, namun makanan yang berlabel "mengurangi sodium" jadi 750 mg sodium.

Lebih baik pilihlah makanan dengan label "rendah sodium" dan "sangat rendah sodium" yang mengandung sodium sekitar 140 mg dan 35 mg.

Burger vegan yang patty-nya terbuat dari kacang-kacangan dan sayuran.Burger vegan yang patty-nya terbuat dari kacang-kacangan dan sayuran. Foto: iStock

8. Vegan Burger

Burger yang diperuntukan untuk vegan ini memang tidak mengandung daging atau patty. Burger ini dibuat dengan kedelai dan sayuran. Untuk meningkatkan rasa, biasanya burger yang terbuat dari sayuran ini ditambahkan dengan garam. Patties vegan ini bisa mengandung 200 hingga 500 mg sodium sebelum ditambahkan pelengkap keju.

9. Cokelat Panas

Sebungkus cokelat panas hanya mengandung 80 hingga 100 mg. Namun, bila Anda mengkonsumsi satu bungkus, artinya 7 persen asupan natrium harian Anda sudah terpenuhi. Jika Anda sedang mengurani diet rendah sodium, sebaiknya hindari minuman ini.

Pancake yang ternyata juga bisa mengandung garam atau natrium.Pancake yang ternyata juga bisa mengandung garam atau natrium. Foto: Istimewa

10. Pancake

Bila Anda menginginkan makan siang yang manis dan memilih makan siang dengan pancake, sebaiknya pikirkan kembali. Seporsi pancake dengan tambahan chocolate chips mengandung 2.000 mg natrium. Adonan pancake instan mengandung 400 mg sodium per sajian. Ketika topping ditambahkan kandungannya akan mencapai hingga 700 mg. Sehingga membuat pancake di rumah menjadi pilihan yang terbaik daripada membuatnya dari adonan pancake instan atau membelinya di restoran.

11. Sayuran Beku dengan Saus

Campuran saus dengan sayuran beku dapat menambahkan hampir 500 mg sodium ke makanan Anda. Kacang polong, bawang bombay, jagung, dan bayam dapat menjadi pilihan sayuran beku Anda yang lebih baik. Proses pembekuan sayuran dapat membantu pertahankan nutrisi dibandingkan produk segar yang sering kehilangan beberapa nutrisi selama pengiriman dan penyimpanan.

12. Roti Sandwich

Setelah menghitung sodium yang terdapat dalam roti, daging deli, keju, dan acar, sandwich juga bisa saja mengandung sodium sekitar 900 mg. Anda tetap bisa menikmati sandwich sehat dengan memilih sodium rendah seperti roti pita, mustard gandum (jangan acar), sayuran segar, keju swiss (mengandung hanya sedikit sodium), dan kalkun deli natrium rendah.

13. Dada Ayam

Telur ayam mentah menyimpan rahasia yang unik, dada ayam sering disuntik dengan larutan penyedap sodium tinggi untuk menghasilkan rasa yang gurih. Untuk menghindrinya, beli ayam yang berlabelkan "Non-enhanced" pada kemasannya atau pilih varietas organik.

Baca juga: Duh! 6 Makanan Ini Tinggi Kandungan Garam yang Sebabkan Hipertensi (lus/odi)