Apakah Nikotin dalam Terung Berbahaya untuk Tubuh?

Nailatul Fadhillah - detikFood Selasa, 26 Sep 2017 17:55 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Nikotin kerap dikaitkan dengan rokok dan dianggap berbahaya bagi tubuh. Padahal terung yang biasa dikonsumsi juga memiliki kandungan nikotin. Bagaimana efeknya?

Nikotin merupakan senyawa organic alkaloid yang umumnya terdiri dari karbon, hidrogen, nitrogen dan terkadang juga oksigen. Senyawa ini memiliki efek kuat dan bersifat stimulan terhadap tubuh manusia. Sehingga akan merangsang kelenjar adrenal untuk menghasilkan adrenalin.

Hal tersebut dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah yang juga merangsang produksi dopamin, suatu neurotransmitter yang mengontrol pusat kebahagiaan otak. Namun perlu Anda ketahui bahwa senyawa ini ternyata dihasilkan secara alami pada berbagai macam tumbuhan, terutama suku terung-terungan.

Apakah Nikotin dalam Terung Berbahaya untuk Tubuh?Foto: iStock

Terung merupakan sayuran yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Mengonsumsi terong baik dalam bentuk sayuran olahan maupun secara mentah sudah menjadi hal biasa.

Nikotin yang terkandung dalam terung tersimpan di dalam bijinya. Dari sinilah rasa pahit yang ada dalam terung berasal.

Sebuah penelitian tahun 1993 mengemukakan bahwa makan 10g terong akan memberikan efek yang setara dengan menghirup asap rokok selama tiga jam. Artinya Anda tidak akan mengalami kecanduan sekalipun telah menghabiskan sepiring terong balado.

Apakah Nikotin dalam Terung Berbahaya untuk Tubuh?Foto: iStock

Nikotin yang terkandung dalam terung dianggap tidak berbahaya. Bahkan jika Anda merupakan perokok aktif dan mengalami kesulitan saat ingin berhenti merokok, terung merupakan pilihan tepat. Sebab nikotin yang ada didalamnya bisa membantu menahan keinginan Anda untuk merokok.

Akan tetapi, mengkonsumsi terung dalam jumlah banyak bukanlah hal yang baik. Karena dapat menyebabkan Anda mengalami komplikasi pencernaan akibat terlalu banyak menyerap serat.

(adr/odi)
Load Komentar ...