Mengapa Rata-rata Orang Jepang Berumur Panjang? Ini Rahasianya

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Sabtu, 23 Sep 2017 08:06 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Orang Jepang dikenal memiliki harapan hidup terpanjang di dunia. Ini karena mereka memiliki pola makan sehat sejak kecil.

Di dunia usia harapan hidup menjadi perhatian penting. Buktinya industri suplemen dan perawatan anti penuaan dini berkembang sangat pesat. Hal berbeda justru terjadi di Jepang.

Menurut studi terbaru yang dilansir The Telegraph (20/9), Jepang memiliki presentase angka harapan hidup rata-rata 83.7 tahun. Sementara orang Inggris mencapai 81.2 tahun. Dalam minggu ini terungkap sebuah fakta bahwa jumlah orang Jepang yang berusia 90 tahun lebih menjadi 2 juta orang, untuk pertama kalinya.

Baca juga: Inilah Pola Makan Sehat Keluarga Jepang yang Bisa Diterapkan pada Anak

Mengapa Rata-rata Orang Jepang Berumur Panjang? Ini RahasianyaFoto: iStock

Apa sebenarnya yang jadi rahasia umur panjang mereka? Sumber mata air yang bikin awet muda? Porsi makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat Jepang berupa makanan tanpa lemak dan seimbang. Umumnya terdiri dari ikan, seafood, biji-bijian, sayuran, dan tofu.

Dengan adanya pola makan yang sehat ini maka tingkat obesitas di Jepang hanya 3,5 persen. Sementara di negara barat obesitas sudah menjadi pembunuh karena berkaitan dengan berbagai penyakit kronis. Pola hidup sehat yang dilakukan masyarakat Jepang dimulai sejak kecil.

Naomi Moriyama, penulis buku Secret of The World's Helathiest Children: Why Japanese Children Have the Longest, Healthiest Live And How Yours Can Too Told Today mengatakan, "Dengan cara ini, percayalah pada saya, anak-anak akan belajar hidup sehat, dengan makanan enak."

Mengapa Rata-rata Orang Jepang Berumur Panjang? Ini RahasianyaFoto: iStock

Selain pola makan sehat, Jepang punya sistem jaminan kesehatan terbaik di dunia. Memadukan pengetahuan pengobatan dan penyediaan area publik yang cukup. Kecuali jaminan hidup sehat dan kebiasaan makan ikan ada dua hal penting yang berperan dalam usia panjang.

Pertama DNA 5178 yang membantu orang tahan terhadap penyakit, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Yang kedua ND2-237Met genotipe yang membuat tahan terhadap penyakit kardiovaskular dan cerebrovaskular. Orang Jepang lebih banyak memiliki gen ini yang memberi usia panjang.

Rata-rata orang Jepang dibesarkan dengan lingkungan berharapan hidup panjang. Pada tahun 2012 dilaporkan lebih dari 98 persen anak-anak Jepang jalan kaki atau bersepeda ke sekolah.

Anak-anak di Jepang selalu disarankan untuk melakukan aktivitas fisik tingkat sedang hingga kuat selama 60 menit tiap hari. Hal tersebutlah yang membuat masyarakat Jepang terbiasa dan lebih peduli terhadap kesehatan dirinya.

Baca juga: Ini 5 Aturan Makan Sehat Menurut Orang Jepang (odi/odi)
Load Komentar ...