Kabar Gembira! Peneliti Sedang Kembangkan Gula Sehat Mirip Gula pada ASI

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 23 Agu 2017 10:48 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Alternatif gula lebih sehat sedang dikembangkan di Amerika Serikat. Peneliti berusaha memproduksi gula yang sama seperti dalam ASI.

Banyak orang tahu konsumsi gula berlebihan picu beragam masalah kesehatan. Tapi memangkas asupan gula ternyata sulit karena gula terkandung dalam banyak makanan harian.

Baca Juga: Hati-hati Makanan Bebas Gula Bisa Sebabkan Gangguan Kesehatan!

Kabar Gembira! Peneliti Sedang Kembangkan Gula Sehat Mirip Gula pada ASIASI Mengandung Jenis Gula Sehat yang Sehatkan Usus (Foto: iStock)

Para peneliti pun tak putus akal. Mereka membuat alternatif gula yang lebih sehat. Perusahaan start-up, Sugarlogix di Berkeley, Amerika Serikat memproduksi gula yang ditemukan dalam ASI. Jenis gula ini bernama Chaeyoung Shin. Berfungsi menyehatkan usus karena pada ASI fungsi gula ini adalah memperbanyak jumlah bakteri baik pada usus.

Peneliti berpikir memproduksi 2′-Fucosyllactose bukan hanya bisa memaniskan makanan dengan cara sehat tetapi juga membuat usus lebih sehat. "Gula ini membuat sistem pencernaan dan usus lebih sehat. Dampaknya sistem imunitas tubuh juga lebih baik," ujar Chaeyoung Shin, salah satu pendiri Sugarlogix.

Kabar Gembira! Peneliti Sedang Kembangkan Gula Sehat Mirip Gula pada ASIAlternatif Gula Sehat Dikembangkan Sugarlogix (Foto: thinkstock)

Baca Juga: Mengejutkan! Ini Kandungan Gula Dalam 9 Makanan Sehat (1)

Menurutnya mengonsumsi Chaeyoung Shin membuat jumlah bakteri baik pada usus meningkat. "Konsumsi gula ini juga mampu menyingkirkan bakteri jahat dalam tubuh," lanjut Shin.

Sebelumnya banyak orang berusaha mencari alternatif gula lebih sehat. Alih-alih menggunakan gula pasir, mereka memanfaatkan madu, agave dan muscovado.
(adr/odi)