Kalau Mau Cepat Turunkan Berat Badan, Seringlah Makan 6 Sayuran Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 22 Jul 2017 11:04 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sedang diet? Coba rutin konsumsi sayuran rendah karbohidrat untuk bantu pangkas lemak. Mulai dari bayam, selada hingga jamur.

Karbohidrat kerap dihindari mereka yang sedang turunkan berat badan. Padahal konsumsinya tetap dianjurkan mengingat zat gizi makro ini berperan penting dalam banyak hal. Dikutip dari NDTV (19/7), ahli gizi Pooja Makhija bahkan merekomendasikan asupan 60% karbohidrat saat berdiet.

Baca Juga: Tak Perlu Takut Konsumsi Karbohidrat, Ini Alasannya (1)

Tetapi sebaiknya hindari jenis karbohidrat olahan seperti pada nasi putih. Pilih sumber karbohidrat yang baik seperti terkandung dalam sayur ini.

1. Bayam

Sayur bayam.Sayur bayam. Foto: detikFood

Disebut-sebut sebagai superfood, daun bayam tinggi kandungan vitamin K dan A. Selain itu, bayam juga tinggi serat dan rendah kalori. Sehingga mengonsumsi bayam mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama dan cegah makan berlebih. Olah bayam dengan cara ditumis bersama daging, dibuat salad atau dijadikan sayur bening.

2. Selada

Selada hijau yang menyehatkan.Selada hijau yang menyehatkan. Foto: Thinkstock

Banyak orang berpikir selada hanyalah pelengkap salad. Padahal sayuran renyah segar ini rendah karbohidrat, tinggi kandungan folat dan serat larut bernama pektin yang mempercepat proses penurunan berat badan. Kandungan serat pada selada juga bantu atasi kembung dan perut tidak nyaman yang kerap terjadi saat Anda diet ketat.

Baca Juga: Resep Selada: Korean Potatoes Salad

3. Lobak

Lobak.Lobak. Foto: Thinkstock

Lobak yang renyah dan sedikit pedas rendah kalori namun tinggi serat. Karenanya sayuran putih ini cocok dikonsumsi pelaki diet. Lobak juga bantu turunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan mempercepat penurunan berat badan. Jika tak suka aroma lobak yang tajam, Anda bisa menguranginya dengan cara merebus atau membaluri lobak dengan garam.

4. Jamur

Jamur.Jamur. Foto: thinkstock

Sayuran favorit kaum vegetarian ini juga tergolong rendah karbohidrat. Selain itu, jamur tinggi vitamin D, tidak mengandung lemak dan kaya serat. Cocok diolah jadi beragam hidangan seperti sup, topping pasta atau omelet. Cek ide mengolah jamur di resep detikFood ini.

5. Kol

Kol ungu.Kol ungu. Foto: iStock

Kol atau kubis tinggi kandungan antioksidan dan vitamin C. Menurut seorang ahli gizi, minum jus kol bahkan amat membantu penurunan berat badan. Ini karena jus kol bersifat membersihkan bagian atas usus sehingga proses pembuangan sampah di tubuhpun jadi lebih mudah.

Baca Juga: Tambahkan Lettuce dan Kol dalam Salad Agar Lebih Kaya Manfaat

6. Mentimun

Memotong mentimun.Memotong mentimun. Foto: Thinkstock

Bukan hanya baik untuk menghidrasi tubuh, makan mentimun juga bantu turunkan berat badan sebab asupan air menciptakan rasa kenyang lebih cepat. Mentimun juga mengandung enzim pencernaan bernama erepsin yang bantu memecah protein, membersihkan usus sekaligus menyehatkannya. (lus/odi)