Ternyata Hal Satu Ini yang Menyebabkan Warna Kuning Telur Berbeda-beda

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 11 Jul 2017 05:52 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Bukan hanya kulit telur ayam saja yang beda warnanya. Kuning telur juga ada yang kuning pucat, kuning tua hingga oranye. Apa sebabnya?

Secara umum kuning telur ayam warnanya kuning. Telur ayam kampung umumnya berwarna kuning tua hingga oranye. Tetapi telur ayam negeri bervariasi. Ada yang kuning pucat, ada yang kuning tua.

Sedangkan telur ayam yang dihasilkan dari ayam yang diberi pakan dengan tambahan vitamin A, atau pakan alami umumnya kuning telurnya berwarna oranye tua. Maria Godoy dengan penelitiannya terhadap kuning telur ayam menyebutkan warna kuning telur ayam dipengaruhi oleh pakan ayam. Jadi secara nutrisi dan kesehatan aman dikonsumsi.

Baca Juga: Makan Telur Setiap Hari Aman untuk Kesehatan?

Kenapa Ya? Kuning Telur Warna Kuningnya Berbeda-bedaFoto: Istimewa

Warna kuning telur ayam dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat pada tanaman yang disebut xanthophylls. Bergantung pada biji-bijian yang jadi pakan ayam, warna kuning telur ayam akan berbeda. Hal ini juga menunjukkan variasi pakan yang diberikan pada ayam.

Biji-bijian saja atau kombinasi dengan tumbuhan. Namun, secara umum, makin kuning warna kuning telur ayam makin kaya nutrisinya. Seperti omega 3, carotenoid dan lutein. Warna kuning pucat pada kuning telur umumnya disebabkan oleh pakan berupa sorgum. Bijian ini rendah pigmentasinya dibandingkan dengan jagung dan wortel.

Warna kuning pucat ini sangat banyak ditemui di Indonesia. Sedangkan warna kuning sedang banyak ditemui pada telur kemasan di pasar swalayan. Ini karena telur dihasilkan dari ayam yang diberi pakan tertaur dan terukur nutrisinya, seperti diberi ekstrak lutein. Pakan yang diberikan juga beragam. Mulai dari biji jagung, bijian lain, wortel, kulit jeruk, kedelai, kecambah, dan lain-lain.

Sementara kuning telur yang oranye cantik menunjukkan adanya konsumsi xanthophyll ekstrak yang disebut zeaxanthun. Zat ini banyak terdapat pada tanaman hijau dan merah. Seperti paprika, cabe, duan kangkung dan brokoli yang diberikan sebagai pakan ayam.

Baca Juga:Berapa Butir Telur Sebaiknya Dikonsumsi Setiap Hari?

Kenapa Ya? Kuning Telur Warna Kuningnya Berbeda-bedaFoto: iStock

Bagaimana dengan kadar kolesterol telur? Satu butir telur ayam segar mengandung 186 mg kolesterol. Sementara asupan harian yang dianjurkan 300 mg per hari. Menurut Maya Clinic, kolesterol pada kuning telur tak berbahaya dibandingkan dengan lemak jenuh sebanyak 1.5 mg yang ada pada telur.

Sebaiknya batasi konsumsi kuning telur agar kadar LDL berkurang. Sebaiknya batasi konsumsinya sebanyak 2-3 butir per minggu agar kebutuhan nutrisi terpenuhi dan jantung tetap sehat. (odi/odi)