detikfood

Jumat, 05/05/2017 09:35 WIB

Berapa Butir Telur Sebaiknya Dikonsumsi Setiap Hari?

Lusiana Mustinda - detikFood
Berapa Butir Telur Sebaiknya Dikonsumsi Setiap Hari? Foto: iStock
Telur menjadi salah satu protein hewani yang jadi pilihan populer untuk asupan protein. Berapa butir telur sebaiknya dikonsumsi setiap hari?
The Boiled Egg Diet merupakan salah satu diet yang disebut dapat turunkan berat badan. Dengan kurangi kandungan karbohidrat, konsumsi telur rebus ini dalam sehari bisa mencapai 6 butir. Tapi apakah aman?

Berapa Butir Telur Sebaiknya Dikonsumsi Setiap Hari?Foto: Getty Images
Telur memang menjadi sumber protein dan lemak yang baik. Konsumsi makanan tinggi protein seperti telur saja memang bisa menurunkan berat badan, terutama bagian putihnya. Akan tetapi para ahli tidak menyarankan untuk konsumsi telur terlalu banyak dalam sehari.
Bagian kuning telur sering dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol dan memicu pernambahan berat badan karena mengandung lemak. Sehingga diet telur rebus ini tidak disarankan, walaupun telur memiliki manfaat yang sangat banyak untuk menunjang kesehatan tubuh.
Telur yang dikonsumsi saat sarapan bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Salah satu penelitian yang dipublikasikan di US National Library of Medicine, National Institutes of Health mempelajari 30 wanita dengan IMT (indeks massa tubuh) minimal 25 Kg / m2 atau masuk dalam kategori obesitas.

Berapa Butir Telur Sebaiknya Dikonsumsi Setiap Hari?Foto: iStock
Peserta yang berusia 25 tahun dan 60 tahun kemudian diberi telur untuk sarapan pagi. Dan ditemukan bahwa selama periode penelitian, peserta memiliki perasaan kenyang yang lebih besar setelah sarapan telur dan mengonsumsi energi lebih sedikit. Selain itu, telur juga dapat menjaga kesehatan otot dan tulang.
"Saya tidak merekomendasikan diet dengan konsumsi telur secara berlebihan. Maksimal 2 butir telur sehari cukup untuk orang dewasa dengan rutinitas olahraga intensitas sedang dan paling baik dikonsumsi saat sarapan," tutur Dr Rupali Datta, Ex-clinical Nutritionist, Fortis Hospital, New Delhi kepada NDTV (03/05).
Untuk mengurangi berat badan, sebaiknya ikuti diet seimbang dan rutin melakukan olahraga. Selain protein, perbanyak juga konsumsi sayuran, buah dan cukup karbohidrat dengan variasi makanan yang berbeda-beda.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan