Mengejutkan! Ini Kandungan Gula Dalam 9 Makanan Sehat (1)

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 10 Jul 2017 18:50 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Meski disebut makanan sehat, tapi nyatanya punya kandungan gula yang tinggi. Agar berat badan tak kebablasan naik, sebaiknya cermati kandungan gulanya.

Menurut American Heart Association, wanita sebaiknya tidak konsumsi lebih dari 25 gram gula tambahan per hari. Sedangkan laki-laki tidak boleh konsumsi lebih dari 36 gram gula per hari.

Meski berlabel 'sehat', belum tentu semua kandungan nutrisinya seimbang dan sesuai takaran yang dianjurkan.
Dikutip dari Insider (27/07), makanan sehat ini punya kandungan gula cukup tinggi.

Baca juga: 6 Makanan Sehat Ini Bisa Mengandung Banyak Gula

Mengejutkan! Ini Kandungan Gula Dalam 9 Makanan Sehat (1)Foto: Tim Boyle/Getty Images

1. Granola

Granolla sering dikonsumsi dengan topping greek yogurt untuk dijadikan sebagai camilan sehat. Walaupun begitu, granola ternyata juga mengandung gula sekitar 6-16 gram. Hal ini dikarenakan granola pada dasarnya dibuat dengan campuran gula halus jika tidak ditambahkan dengan cokelat dan juga rasa buah.

2. Sereal
Sereal sering jadi sajian sarapan yang mengenyangkan dan enak. Disebut-sebut sebagai makanan praktis yang sehat, ternyata sereal seperti Fruit Loops dan Lucky Charms juga mengandung gula. Sereal yang memiliki ciri 'buruk' ini biasanya terbuat dengan Raisin Bran yang mengandung sekitar 18 gram gula dalam satu kali penyajian.

Baca juga: Sering Konsumsi Sereal Manis Saat Sarapan, Si Kecil Bisa Kelebihan Gula

Mengejutkan! Ini Kandungan Gula Dalam 9 Makanan Sehat (1)Foto: iStock

3. Oatmeal instan

Kini, oatmeal memiliki banyak jenis. Tidak hanya yang tanpa rasa, oatmeal dengan aneka rasa juga banyak ditemui di supermarket. Misalnya saja oatmeal dengan rasa blueberry, krim atau kayu manis yang dapat memberikan pasokan gula untuk tubuh Anda. Oatmeal instan ini dikabarkan punya kandungan gula sekitar 9-14 gram. Untuk itu, hindari konsumsi oatmeal dengan tambahan gula merah atau madu. Untuk menimbulkan rasa manis, Anda bisa mencampurkan oatmeal dengan paduan buah segar.

4. Energy bar
Satu buah energi bar bisa mengandung gula sekitar 9-23 gram. Walaupun dibuat dengan campuran beberapa jenis kacang dan biji, tidak hanya mengandung serat tapi juga gula yang terselip di dalamnya. Kalau ingin ngemil energi bar, pastikan untuk mengecek kembali kandungan gula yang ada di dalamnya.

(adr/odi)