Kurangi Lemak di Perut dengan Rutin Makan Jamur, Telur dan Yogurt (1)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 04 Jul 2017 17:43 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Lemak di perut bisa disingkirkan dengan olahraga rutin. Selain itu, konsumsi juga makanan yang bantu membakar lemak di perut.

Menghilangkan lemak perut ada triknya. Dari segi makanan, pilih jenis makanan yang membuat pembakaran lemak perut lebih cepat dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Mulai dari jamur, sup hingga yogurt.

1. Jamur
Jamur merupakan sumber vitamin D yang sangat baik. Penelitian menunjukkan kurang konsumsi vitamin D berhubungan dengan penambahan lemak perut. Hal ini disampaikan ahli gizi Kayleen St.John. Menurutnya jamur yang ditanam di bawah sinar matahari perlu dikombinasikan bersama makanan penggempar lemak perut lainnya. Jamur kuping, champignon, enoki atau tiram bisa jadi pilihan. Olah dengan resep ini agar makin nikmat.

Kurangi Lemak di Perut dengan Rutin Makan Jamur, Telur dan Yogurt (1)Konsumsi Sup Sebelum Makan Bisa Bantu Hilangkan Lemak di Perut (Foto: Thinkstock)

2. Sup
Mengonsumsi sup sebelum makan juga bisa jadi trik efektif kurangi lemak perut. Pasalnya total asupan kalori akan berkurang karena perut sudah lebih dulu kenyang dengan makan sup. "Pilih sup yang dibuat dari makanan tinggi serat," ujar Julieanna Hever, penulis The Vegiterranean Diet. Ide resep sup krim dari detikFood ini bisa jadi inspirasi.

3. Telur
"Studi dalam International Journal of Obesity membandingkan penurunan berat badan seseorang setelah sarapan telur dan bagel dengan jumlah kalori sama," ujar ahli gizi Toby Amidor. Penulis buku The Greek Yogurt Kitchen ini melanjutkan, hasilnya partisipan yang mengikuti diet rendah kalori dan makan dua butir telur saat sarapan, turun berat badan 65% lebih banyak. Lingkar pinggangnya juga 34% berkurang lebih banyak dibanding yang sarapan bagel.

Selain itu, kandungan protein pada telur membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama dan cegah makan berlebih.

Baca Juga: Ini Sebabnya Telur Paling Disukai untuk Sarapan

Kurangi Lemak di Perut dengan Rutin Makan Jamur, Telur dan Yogurt (1)Capsaicin pada Cabai Juga Bermanfaat Hilangkan Lemak di Perut (Foto: ilustrasi/thinkstock)

4. Cabai

Kandungan capsaicin pada cabai dikenal dengan kemampuannya meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi konsumsi kalori. Konsumsi cabai juga mendorong pembakaran lemak. Anda bisa membuat olahan sup atau hidangan utama lainnya dengan menambahkan cabai.

5. Brokoli
Manfaat sayuran primadona pelaku hidup sehat ini sudah tak perlu diragukan. Konsumsi brokoli rutin terbukti bantu kurangi lemak perut. Lebih jauh lagi, juga bermanfaat kurangi risiko terkena diabetes tipe dua.

Kurangi Lemak di Perut dengan Rutin Makan Jamur, Telur dan Yogurt (1)Kacang Merah Bisa Jadi Pilihan Makanan Penghilang Lemak di Perut (Foto: Pinterest)

6. Kacang merah
"Kacang merah adalah makanan pamungkas untuk penurunan berat badan," jelas Hever. Menurutnya kacang merah punya komposisi makronutrien yang ideal (rasio sempurna dari kandungan serat dan protein) yang mempertahankan rasa kenyang dengan sedikit asupan kalori. Konsumsi setidaknya 500 gram kacang merah setiap hari untuk mendukung usaha penurunan berat badan tanpa merasa lapar.

Baca Juga: Sarapan Kacang Merah Dapat Kendalikan Gula Darah

(adr/odi)
Load Komentar ...