Begini Pola Makan Masyarakat Blue Zones hingga Bisa Mencapai Umur 100 Tahun

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 06 Jun 2017 11:23 WIB
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Ada 5 wilayah di dunia yang disebut Blue Zones. Di sini penduduknya bisa berumur hingga 100 tahun karena terapkan pola makan tepat.

Julukan "Blue Zones" diberikan penulis Dan Buettner dari National Geographic. Dalam bukunya yang berjudul, "The Blue Zones Solution: Eating and Living Like the World's Healthiest People," ia mengungkap rahasia panjang umur penduduk Blue Zones.

Kelima wilayah tersebut adalah Sardinia, Italia; Okinawa, Jepang; Loma Linda, California; Nicoya Peninsula, Costa Rica; dan Ikaria, Yunani. Menurut Buettner, makanan yang jadi kunci panjang umur penduduk di sana antara lain kacang-kacangan, sayuran hijau, gandum, dan biji-bijian.

"Mereka tahu bagaimana membuat makanan tersebut terasa enak dan tahu caranya mengoptimalkan makanan untuk kesehatan mereka," terang Buettner. Berikut jenis makanan yang banyak dikonsumsi di 3 wilayah Blue Zones:

Begini Pola Makan Masyarakat <i>Blue Zones</i> hingga Bisa Mencapai Umur 100 TahunFoto: thinkstock

1. Ikaria, Yunani
Di Ikaria, 97% penduduknya berusia di atas 70 tahun dan Buettner hanya menemukan 3 kasus demensia. Sebagaian perbandingan, ada 50% kemungkinan seseorang di Amerika terkena demensia saat mencapai usia 85 tahun.

Makanan yang umum dikonsumsi di pulau terpencil Yunani ini adalah dandelion liar. Penduduk setempat merebusnya seperti bayam. Jenis sayuran hijau ini punya antioksidan 10 kali lebih banyak dibanding red wine, menurut Buettner. Chickpea juga banyak dikonsumsi di Ikaria.

2. Nicoya Peninsula, Costa Rica
Nicoya Peninsula dikenal dengan pantai berpasirnya yang cantik, kehidupan alam liar nan eksotik dan orang-orang berumur panjang. Sekitar 1 dari 250 orang di sana hidup hingga usia 100 tahun, dibanding 1 dari 4.000 orang di Amerika yang mencapai umur sama.

Pola makan penduduk Nicoya Peninsula menyertakan nasi, biji-bijian dan tortilla. "Jika rata-rata warga Amerika mampu menambahkan 220 gram konsumsi biji-bijian per hari, umur mereka bisa bertambah 4 tahun lebih lama," tutur Buettner.

Begini Pola Makan Masyarakat <i>Blue Zones</i> hingga Bisa Mencapai Umur 100 TahunFoto: Getty Images

3. Loma Linda, California

Separuh kota di Loma Linda termasuk Gereja Masehi Advent Ketujuh. Sebagian besar anggota gereja tidak makan daging atau ikan. Mereka juga tidak minum alkohol maupun merokok. Menurut Adventist Health Study, penduduk Loma Linda berumur 7-10 tahun lebih panjang dibanding penduduk Amerika lainnya.

Di Loma Linda, makan sehat adalah bagian dari beragama. Diet mereka terinspirasi injil, diet Garden of Eden. Kebanyakan makanannya berupa biji-bijian, kacang, oatmeal yang dimasal slow-cooked, roti gandum dan susu kedelai. Mereka juga minum 6-8 gelas air mineral per hari. Hal lainnya adalah warga Loma Linda selalu bergerak aktif, seperti jalan di sore hari dan mematuhi pola diet ketat.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com