Minum Teh Manis Saat Buka Puasa Tidak Dianjurkan, Ini Penjelasan Ahli Gizi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 02 Jun 2017 17:16 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Teh manis seolah tak bisa dipisahkan dari menu buka puasa masyarakat Indonesia. Namun ahli gizi menilai minuman ini kurang baik dikonsumsi saat buka puasa. Ini penjelasannya.

Ahli gizi Rita Ramayulis DCN, M. Kes menjelaskan teh manis hanya mengandung satu jenis gula yaitu sukrosa saja. "Tidak ada glukosa dan fruktosa. Padahal kedua jenis gula ini diperlukan tubuh untuk menstabilkan kadar gula darah setelah seharian berpuasa," jelas Rita.

Selain itu, kandungan gula juga mempengaruhi total kalori teh manis. "Kebanyakan orang kan buat teh manis itu pakai 2-3 sendok gula. Nah, satu sendok gula itu kalorinya 50 kkal. Jadi bisa-bisa secangkir teh manis mengandung 150 kkal," sambung Rita.

Minum Teh Manis Saat Buka Puasa Tidak Dianjurkan, Ini Penjelasan Ahli GiziFoto: thinkstock


Ia juga menyoroti masalah lain selain total kalori. Rita berujar, "Indeks glikemik dari minum teh manis itu berat. Jadi respon teh manis terhadap pankreas kita sangat tinggi. Pankreas akan bekerja keras ketika sukrosa masuk sendirian tanpa ada serat yang masuk. Insulin langsung diproduksi sebanyak mungkin, mengubah glukosa menjadi energi kemudian suatu ketika kita akan kelelahan."

Bagi Rita minum teh manis saat berbuka puasa hanya membuat seseorang bertenaga sesaat, namun setelahnya lelah berkepanjangan. Tapi bagi mereka yang tak bisa lepas dari teh manis saat berbuka, ada alternatif yang bisa dilakukan.

Minum Teh Manis Saat Buka Puasa Tidak Dianjurkan, Ini Penjelasan Ahli GiziFoto: iStock


"Kalau mau minum teh manis, 1 gelas teh manis maksimal gulanya 3/4 sendok makan (sdm) saja. Kalau mau gulanya 1 sdm, takaran di sendoknya datar saja jangan munjung," kata Rita. Setelah penggunaan gula dibatasi ada hal lain yang perlu dilakukan.

"Misal sudah minum teh manis, gulanya dikurangi sudah sah. Tapi supaya efeknya nggak jelek untuk tubuh yang sudah didetoksifikasi, makanlah satu buah pisang dalam jam yang sama. Pisang rebus, misalnya, atau mangga. Bebas sesuai selera," pungkas Rita.

(adr/odi)