Setelah Matcha, Kini Spirulina Populer Sebagai Taburan Smoothies hingga Sushi

Sonia Permata Basoni - detikFood Minggu, 19 Feb 2017 07:53 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Sprirulina, tumbuhan alga biru hijau yang menyehatkan digemari. Sebagai taburan kopi, smoothies, hingga sushi.

Superfood yang satu ini kini menjadi tren baru dalam dunia makanan. Spirulina, alga berwarna biru hijau ini tumbuh di air tawar dan air garam. Kaya akan protein, vitamin, mineral, dan asam amino esensial. Tak heran jika masyarakat dunia termasuk New York menggandrungi.

Setelah Matcha, Kini Spirulina Populer Sebagai Taburan Smoothies hingga SushiFoto: Getty Images

Alga ini biasanya ditemukan dalam bentuk tepung. Berasal dari tumbuhan yang hampir sama dengan rumput laut. Spirulina sering menjadi topping tambahan dalam berbagai jenis makanan dan minuman untuk membuat jadi lebih sehat. Seperti coffee latte, acai bowl, dan sushi.

Walau terdengar masih asing tapi banyak orang mulai mengonsumsi spirulina untuk meningkatkan stamina dan energi, ungkap ahli gizi dari New York, Lisa Young kepada nydailynews (10/02/17). Banyak yang mengganti splenda pemanis yang biasanya digunakan dalam kopi, dengan spirulina.

Salah satunya kafe The End yang punya racikan minuman 'Unicorn Latte'. Dibuat dari 1 sdm bubuk spirulina, kacang mete mentah, biji vanilla, jus jahe, jus lemon, akar maca dan kurma. Disajikan hangat atau dingin.

Setelah Matcha, Kini Spirulina Populer Sebagai Taburan Smoothies hingga SushiFoto: Getty Images

Walau mungkin beberapa orang membeli makanan dengan spirulina karena warna hijaunya yang menarik dan cantik. Namun spirulina juga punya khasiat sehat.

"Penelitian tentang spirulina menunjukkan banyaknya manfaat kesehatan. Spirulina dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu mencegah tubuh dari terserang penyakit kronis. Selain itu tumbuhan ini dapat mengurangi kadar kolestrol dan meningkatkan energi," jelas Lisa.

Dalam satu sendok bubuk spirulina mengandung empat gram protein. Jika Anda ingin membeli spirulina untuk dikonsumsi di rumah, pendiri Pure Green, Franklin Ross menyarankan untuk teliti sebelum membeli dan saat mengolahnya. Karena bisa saja ada banyak kandungan zat lain yang mungkin saja mengontaminasi spirulina.

"Pastikan spirulina berasal dari sumber yang terpercaya, dan belilah yang organik. Saya selalu mencium spirulina sebelum membelinya, jika spirulina mengeluarkan bau amis itu tandanya spirulina tidak aman untuk dikonsumsi. Banyak produk spirulina yang murah mengeluarkan bau amis seperti itu. Hindari membelinya," pesan Ross.
Setelah Matcha, Kini Spirulina Populer Sebagai Taburan Smoothies hingga SushiFoto: Getty Images

Spirulina juga lezat jika disantap di dalam hidangan sushi. Chef Sandy Dee Hall, yang bekerja di restoran Raw Material di East Side, New York, membuat sushi dari ikan makarel dengan topping spirulina.

"Spirulina membuat hidangan seafood terasa lebih lezat. Rasanya hampir sama dengan rumput laut, sehingga cocok untuk makanan laut lainnya. Menimbulkan rasa yang khas dan sedap," ungkap chef Sandy.

Jika ingin mengonsumsi spirulina, tambahkan sedikit dalam jus dan minum segera. Agar tak terasa aroma tanahnya yang tajam, campurkan dalam milkshakes, es krim atau campur saja dengan air jeruk nipis. (odi/odi)