Dengan 'Sirtfood Diet' Bisa Tetap Makan Cokelat dan Minum Kopi

Sonia Permata Basoni - detikFood Senin, 06 Feb 2017 06:23 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - 'Sirtfood diet' mulai dibicarakan oleh kalangan pelaku hidup sehat. Terutama karena pola diet ini mudah dijalani.

Diet sirtfood memang masih terdengar asing, tapi nyatanya tren diet ini telah menggeser posisi diet Paleo dan diet Dukan. Banyak selebriti dunia yang melakukan diet ini. Pola diet ini menyarankan konsumsi cokelat, buah-buahan, wine dan lainnya. Salah satu pelaku diet ini adalah penyanyi Adele yang berhasil turunkan beratnya 14 kg.
Dengan 'Sirtfood Diet'  Bisa Tetap Makan Cokelat dan Minum KopiFoto: iStock

Dikutip dari Marie Claire (11/01/17), diet sirtfood membantu menurunkan berat badan. Konsepnya makanan akan bertemu dengan protein sirtuin yang erat kaitannya dengan perkembangan metabolisme tubuh yang mendorong pembakaran lemak lebih cepat.

Daya tarik diet ini terletak pada sumber protein sirtuin. Seperti red wine, dark cooking chocolate, kopi, strawberry, jeruk, blueberry dan kubis. Makanan-makanan ini mengaktifkan protein yang disebut sitruin. Zat ini membantu pembakaran lemak dalam tubuh, dan mengatur metabolisme untuk membersihkan sel-sel, serta detoksifikasi tubuh yang membantu proses penurunan berat badan,
Dengan 'Sirtfood Diet'  Bisa Tetap Makan Cokelat dan Minum KopiFoto: iStock

Seprti dikabarkan Times of India (18/01/17), seiring dengan efek pembakaran lemak, diet sirtfood juga dapat mengendalikan nafsu makan. Menurut sebuah penelitian, diet ini jauh lebih efektif mengobati serta mencegah beberapa penyakit tertentu dibandingkan dengan meminum obat.

Ada aturan makan dalam metode diet ini, salah satunya membatasi asupan kalori. Pada tiga hari pertama, asupan kalori dibatasi hanya 1000 kalori saja dengan makanan yang terdiri dari tiga porsi jus sayuran hijau kaya akan sirtuin, dengan satu porsi sayur hijau.

Kemudian asupan kalori naik menjadi 1.500 dari hari keempat dan ke tujuh, tetap dengan makanan sayuran dan buah-buahan yang mengandung sitruin. Diet sirtfood ini diciptakan oleh pakar kesehatan Aidan Goggins dan Glen Matten. (odi/odi)