Tren Makanan Sehat 2017

Sedang Digemari Banyak Orang, Ini Manfaat Konsumsi Green Coffee Bagi Tubuh

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 11 Des 2016 18:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Green coffee kini mulai populer. Dikenal dapat mempercepat metabolisme, biji kopi ini juga disebut-sebut dapat turunkan berat badan.

Green Coffee Extract (GCE) merupakan ekstrak yang dihasilkan dari biji kopi arabika yang masih berwarna hijau. Biji kopi ini disebut-sebut mengandung senyawa yang dikenal sebagai chlorogenic acids yang dianggap dapat membantu turunkan berat badan.

Pada dasarnya, biji kopi mengandung asam klorogenik (chlorogenic acid) yang dipercaya kaya akan antioksidan serta dapat menurunkan tekanan darah dan berat badan.

Sedang Digemari Banyak Orang, Ini Manfaat Konsumsi Green Coffee Bagi TubuhFoto: iStock
Green coffee atau yang biasa disebut dengan kopi hijau merupakan biji kopi yang belum dipanggang sehingga warnanya masih hijau.

Ekstrak biji kopi sudah populer sejak tahun 2012, ini dikarenakan setelah dimunculkan dalam acara Dr Oz sebagai bahan makanan penurun berat badan. Dilansir dalam NDTV (30/12/15), ketika kopi dipanggang mengalami perubahan kimia yang cukup banyak. Tingkat antioksidannya meningkat sehingga kekuatan dari zat asam klorogenik akan menurun.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa asam klorogenik dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik ini juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel), sehingga orang yang mengonsumsi kopi lebih rendah berisiko terserang diabetes.

Sedang Digemari Banyak Orang, Ini Manfaat Konsumsi Green Coffee Bagi TubuhFoto: iStock
Penurunan berat badan, diduga karena kandungan asam klorogenik pada green coffee yang memberikan efek penyerapan glukosa lebih rendah sehingga memicu terjadinya penurunan berat badan.

Green coffee tidak memiliki rasa sehingga sangat cocok dinikmati dengan beragam cara. Salah satunya adalah sebagai campuran smoothies, sari almond ataupun pisang. Walaupun sudah dikenal lama di negara lain, tapi di Indonesia konsumsi green coffee mulai populer. (lus/odi)