Tren Makanan Sehat 2017

Lebih Baik Konsumsi Sari Nabati atau Kacang Utuh? Ini Kata Ahli Gizi

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 08 Des 2016 14:17 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Konsumsi susu jadi salah satu rutinitas banyak orang. Tapi bagi Anda yang sedang berdiet, susu dari bahan nabati bisa jadi pilihan.

Di Indonesia, sari nabati yang populer sejak dulu adalah kedelai. Sedangkan tren susu nabati yang terbuat dari kacang-kacangan lain seperti almond, cashew (mete), hazelnut dan macadamia dimulai sejak pertengahan tahun ini.

Dengan banyaknya promosi, tentu tidak menutup kemungkinan susu nabati ini masih populer hingga awal tahun 2017.

Lebih Baik Konsumsi Sari Nabati atau Kacang Utuh? Ini Kata Ahli GiziFoto: iStock
Sering menyebutnya dengan 'susu kacang', sepertinya presepsi ini jadi salah. Pasalnya menurut Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, definisi susu merupakan cairan putih yang diperoleh dari kelenjar mamae.

Penyebutan susu kacang bisa jadi karena tampilan serta tekstur yang dihasilkan setelah diolah mirip seperti susu pada umumnya. "Kacang-kacangan ini memiliki sari yang mirip seperti susu. Seharusnya disebut dengan sari nabati. Kalau terbuat dari almond berarti sari almond," jelas Rita saat dihubungi detikFood (6/12).

Lebih Baik Konsumsi Sari Nabati atau Kacang Utuh? Ini Kata Ahli GiziFoto: iStock
Susu yang terbuat dari kacang-kacangan ini dapat memenuhi kebutuhan gizi jika konsentrasinya disesuaikan dengan kebutuhan kita. Akan tetapi umumnya sari kacang ini dicampurkan dengan tambahan air dan gula agar rasanya enak.

"Daripada menambahkan gula yang mengandung indeks glikemiks tinggi, lebih baik langsung dikonsumsi saja kacangnya," tambah Rita. (lus/odi)