Jika Ingin Turunkan Berat Badan dengan Cara Sehat, Ikuti Saran Ahli Gizi dari China Ini

Annisa Trimirasti - detikFood Kamis, 13 Okt 2016 07:15 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Sedang berusaha kurangi berat badan? Tak ada salahnya mengikuti saran sehat ahli gizi dari China ini.

Fan Zhihong, ahli gizi dari China Agricultural University, mengatakan prinsip menurunkan berat badan adalah berolahraga dan makan sehat, tulis chinadaily.com (6/10/16).

Menurut Fan, makanan sehat merupakan makanan padat nutrisi, memuaskan rasa lapar, rendah pati, gula, lemak dan respon glikemik. Selain itu juga harus cukup protein, vitamin dan mineral.

Penurunan berat badan, idealnya, 1-2 kg per bulan. Penurunan lambat minimalkan stres psikologis dan kekurangan gizi. Badan jadi tetap sehat dan memiliki garis otot yang bagus. Proses penurunan bertahap membuat orang melakukan gaya hidup baru termasuk kebiasaan makan yang sehat dan latihan fisik secara teratur.

Jika Ingin Turunkan Berat Badan dengan Cara Sehat, Ikuti Saran Ahli Gizi dari China Ini

Orang tidak perlu kelaparan untuk menurunkan berat badan. Makanlah makanan rendah kalori, rendah karbohidrat dan lakukan diet rendah protein. Setiap kali makan penting untuk manajemen berat badan.

Sarapan kaya gizi memastikan tingkat metabolisme yang tinggi di pagi hari dan membantu mengontrol nafsu makan sepanjang hari. Jangan melewatkan makan atau membatasinya terlalu banyak. Hal tersebut dapat menimbulkan kecanduan karbohidrat nantinya bahkan gangguan makan.

Sayuran, buah-buahan dan yogurt bisa menjadi alternatif saat makan malam. Jika masih lapar, coba minum susu atau susu kedelai. Namun, jika Anda bekerja lembur, jangan lewatkan makan malam. Karena Anda akan lapar dan makan berlebihan saat larut malam.

Jika Ingin Turunkan Berat Badan dengan Cara Sehat, Ikuti Saran Ahli Gizi dari China Ini

Untuk olahraga, coba aerobik sedang 3-5 kali seminggu untuk membakar kalori. Jika Anda melakukan olahraga intens atau berat, pastikan makan makanan kaya protein setelahnya untuk memfasilitasi pembangunan otot.

Sebaiknya jangan lakukan olahraga berat saat lapar atau lelah. Olahraga ringan seperti berjalan atau bersih-bersih rumah setelah makan dapat bantu sistem pencernaan bekerja.

Pendapat tentang orang yang sering gym dan senam, harus makan lebih banyak protein, tidak selalu benar. Jika olahraga tersebut tidak cukup dan protein berlebih, berat badan tidak akan turun.

Jika Ingin Turunkan Berat Badan dengan Cara Sehat, Ikuti Saran Ahli Gizi dari China Ini

Kesalahan lain yang banyak dipercaya adalah menghindari karbohidrat. Anda tetap harus memakannya untuk kecukupan kalori. Coba alternatif lain seperti biji -bijia dan kacang-kacangan seperti oatmeal.

Jika Anda pekerja kantor yang melakukan pekerjaaan kurang bergerak, jaga asupan makan. Pastikan menu dengan tingkat kekenyangan tinggi seperti biji-bijian. Bila ada kesempatan bergerak, bergeraklah, gunakan tangga daripada lift atau berjalan, bersepeda ke kantor bisa jadi pilihan sehat. (odi/odi)