Sayuran Ini Tak Disukai Orang Karena Kurang Enak, Padahal Kaya Nutrisi

Fran Sisca - detikFood Selasa, 21 Jun 2016 08:17 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Tak suka bayam atau terung? Banyak orang punya beribu alasan untuk tak suka sayuran tertentu. Padahal sayuran itu kaya nutrisi.

Banyak sayuran dengan rasa sedikit pahit yang membuat orang tak suka. Meskipun sebenarnya rasa pahit itu memberikan perlindungan bagi kesehatan. Seperti dilansir msn (18/06) berikut ini sayuran yang sering dihindari orang karena rasanya kurang enak.

1.Bit
Warnanya ungu cantik, bit enak dibuat jus, smoothies, dipanggang atau direbus. Juga bisa dicampur dengan air jeruk lemon dan batang seledri untuk jadi minuman segar. Perlu trik untuk mengolahnya agar enak.

Pigmen yang menghasilkan warna ungu disebut betacyanin. Zat ini bisa membunuh racun penyebab kanker. Rasa bit yang seperti tanah berasal dari geosmin yang punya kekuatan melawan kanker.


2. Brokoli

Brokoli rebus enak untuk campuran salad, sup krim atau pelengkap. Enak juga ditumis dengan paduan udnag atau daging.

Kandungan antioksidan sulforaphane yang membuat brokoli beraroma tajam sangat baik melawan sel kanker. Para ilmuwan menyebutkan pertumbuhan tumor bisa dihambat dengan sayuran ini.

4. Kol ungu
Kol ini sering diiris halus untuk campuran salad. Atau diisi dengan daging cincang dan dikukus. Konsumsi kubis beberapa kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko kanker payudara, prostat, paru-paru, dan usus besar.

Dalam satu penelitian yang dilakukan terhadap 300 wanita China dengan darah mengandung isothiocyanates yang ada dalam kol ini mengalami penurunan risiko 45% dari kanker payudara.


5. Terung
Terung enak dipanggang, ditumis, atau dibakar dengan bumbu rempah dn disajikan dengan saus. Semua jenis terung memiliki asam chorogenic pahit yang mampu melindungi tubuh terhadap penumpukan plak pada jantung yang berbahaya pada dinding arteri. Terung juga mampu menurunkan kolesterol dan membantu dinding arteri menjadi rileks yang mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

6. Bayam
Bayam paling gampang diolah jadi sup, tumisan atau sebagai campuran pecel, gado-gado atau salad. Sayuran ini kaya akan vitamin A, B6, C, dan K dan riboflavin, mangan, folat, magnesium, zat besi, dan kalsium. Bayam juga mengandung antioksidan lutein yang melindungi retina mata dari kerusakan. (odi/odi)