Nutrisi Hebat Si Biru Blueberry Mampu Mencegah Uban hingga Demensia

Fran Sisca - detikFood Sabtu, 19 Mar 2016 10:53 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta -

​Buah berwarna biru keunguan ini sejak lama dikenal sebagai superfood. Meskipun mungil, buah ini kaya antioksidan yang mampu menangkal penyakit. Dari katarak hingga demensia.

​Menurut​ The Telegraph (14/03) berdasarkan penelitian sebelumnya, konsumsi blueberry dapat membantu mencegah alzheimer dan penyakit lain. Selain itu, sebuah studi baru dari University of Cincinnati di AS menyimpulkan bahwa kandungan antioksidan di dalam blueberry dapat mencegah efek dimensia.

Dr. Robert Krikorian melakukan penelitian dengan memberikan bubuk blueberry kering (setara secangkir berry), atau bubuk placebo sekali sehari selama 16 minggu kepada 47 orang dewasa dengan usia 68 tahun yang lebih tua dengan gangguan kognitif ringan.

Hasilnya, kelompok ​yang diberi ​blueberry menunjukkan peningkatan daya ingat​,​ ​kemampuan ​akses kata-kata dan konsep. Selain membantu mencegah alzheimer dan efek dimensia, masih banyak manfaat dalam mengkonsumsi buah kecil berwarna biru keunguan ini.

​1. ​Meningkatkan​ daya ingat​



Dr. Robert Krikorian, peneliti utama mengatakan bahwa blueberry mengandung flavonoid yang dapat membantu meningkatankan daya ingat dan konsentrasi pada anak-anak.

​2. ​Menurunkan ​te​kanan ​darah tinggi​
Walau belum terbukti benar, diperkirakan​ ​konsumsi ​rutin ​blueberry ​setiap​ dapat mengurangi risiko atherosclerosis, yaitu pergeseran arteri yang dapat mengurangi risiko jantung atau stroke
 
Studi pada 2015 yang dilakukan terhadap 48 ​wanita​ pascamenopause menemukan mereka yang mengonsumsi suplemen bubuk blueberry selama delapan pekan​, tekanan darahnya bisa turun.

​3. Melancarkan pencernaan​



​Blueberry kaya akan serat ​polifenol (mikronutrien) ​yang sangat baik untuk pencernaan. Pada studi tahun 2011 yang dimuat di Journal of Agricultural and Food Chemestry, menyebutkan pria yang minum jus blueberry selama 6 minggu memiliki pertumbuhan 2 jenis bakteri baik dalam ususnya yang memperlancar pencernaan.​

​4. ​Mengurangi ​tumbuhnya uban​
Kekurangan vitamin B12 dapat dianggap sebagai salah satu faktor tumbuhnya uban ​yang menyebabkan kondisi tersebut dikenal dengan “anemia pernisiosa.”​ Mengonsumsi blueberry yang banyak mengandung vitamin B12dapat membantu mengurangi tumbuhnya ​banyak uban​. ​

​5. Merangsang pertumbuhan rambut​



Pertumbuhan rambut terjadi jika sel-sel mati didorong folikel sehingga tumbuh sel baru. Ada tiga tahapan, anagen (tumbuh), catagen (berhenti) dan telogen (istirahat). Kandungan Proanthocyanidins, yang ada di dalam blueberry merangsang pertumbuhan rambut dengan memicu transisi dari telogen ke anagen.

(adr/odi)