Detoks Jus Alami dan Aman

Benarkah 'Detox Water' Bisa Meluruhkan Lemak dan Racun?

Maya Safira - detikFood Selasa, 12 Jan 2016 07:06 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Belakangan ini banyak orang mengonsumsi detox water karena disebut-sebut bisa membantu proses detoksifikasi. Namun benarkah detox water bisa meluruhkan toksin dalam tubuh?

Air putih yang diberi tambahan irisan timun, jeruk, lemon hingga daun mint langsung berubah jadi air detoks. Detox water, spa water atau banyak dikenal dengan istilah infused water ini konon bisa meluruhkan lemak dan racun dari tubuh. Setidaknya itulah yang dikatakan Dr. Mehmet Oz yang terkenal di TV Amerika.

Bahkan detox water ini ikut dikonsumsi para selebriti Amerika. Termasuk Khloe Kardashian yang mengatakan detox water favoritnya terdiri dari campuran lemon, mentimun dan mint. Alasannya karena ia bosan dengan air putih biasa dan berusaha mendapat manfaat kesehatan dari detox water.



Supermodel Miranda Kerr juga mengikuti saran Dr.Oz dengan minum air hangat bercampur lemon di pagi hari. Kerr mengatakan infused water benar-benar membantu pencernaan , membersihkan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Padahal menurut para ahli gizi Amerika, tak ada yang istimewa dari detox water. Professor gizi dan kimia Cornell University, Thomas Brenna, mengatakan lebih banyak konsumsi air memang membuat tugas tubuh mengeluarkan toksin akan lebih mudah. "Tapi saya bisa mendapatnya dari air biasa," ujar Thomas, seperti dilansir dari STAT News (05/01).

Air putih disebut membantu menjaga kondisi hati dan ginjal dalam kondisi prima. Tubuh pun bergantung pada hati untuk mengambil racun dari aliran darah dan mengubahnya jadi zat larut air yang bisa diekskresikan dalam urin. Proses juga dibantu ginjal. Ini semua proses penting yang terjadi secara alami tiap hari.

Air putih menjadi komponen penting untuk menjaga sistem tetap bekerja. Dalam laporan STAT News, disebut penambahan mentimun dan mint tidak memberi air energi tambahan. Ahli gizi pun tidak memahami toksin khusus apa yang bisa dibantu pengeluarannya oleh detox water.

"Tidak ada yang benar-benar menjelaskan pada saya toksin apa yang disingkirkan. Orang-orang mengatakan tentang toksin, seolah-olah itu senyawa kimia besa yang perlu kita singkirkan," ucap Dr. Donald Hensrud, peneliti gizi di Mayo Clinic.



Sementara itu, banyak pihak juga mempromosikan manfaat kesehatan dari detox water. Mereka mengklaim tubuh menyerap seluruh vitamin baik yang masuk ke air dari irisan jeruk dan lemon, misalnya. Tanpa ada kalori yang masuk layaknya memakan buah langsung.

"Pada dasarnya, ini seperti membuat 'air vitamin' sendiri, tapi tanpa ada bahan yang tersembunyi atau mahal," tulis informasi dalam infusedwaters.com.

Akan tetapi ahli mengatakan tidak jelas seberapa besar manfaat yang didapat dari konsumsi infused water.

"Kalori di dalamnya memang minim, meski saya tidak yakin air itu sama sekali tak ada kalori. Dan yang menunjukkan bahwa zat-zat lain di minuman itu memberikan manfaat kesehatan, itu mungkin minim juga," tambah Hensrud.

Meski mereka skeptis dengan klaim besar detox water, tapi ahli gizi menyebutnya tidak berbahaya. Mungkin salah satu keuntungan konsumsinya adalah rasa air putih jadi lebih enak. Jika ingin membuat infused water, sebaiknya perhatikan hal ini terlebih dahulu.

(msa/odi)