Ulasan Khusus: Roti

Pilih Roti Tawar atau Roti Manis? Cek Dulu Kandungan Nutrisinya

- detikFood Selasa, 20 Mei 2014 16:53 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Roti adalah salah satu pilihan makanan sehat. Namun, tak semua jenis roti bisa dibilang sehat, tergantung isiannya. Mau sarapan roti gandum, roti putih, atau roti isi manis? Cek dulu kandungan nutrisinya.

Roti merupakan makanan berbahan dasar tepung terigu dan air yang difermentasikan dengan ragi. Seiring perkembangan industri pangan, roti tidak hanya mengandung karbohidrat saja akan tetapi juga protein serta lemak. Sebab, dalam pembuatannya dipakai berbagai bahan seperti mentega dan telur.

Roti yang populer sebagai camilan adalah jenis roti manis dengan berbagai isian. Atau roti tawar yang ditambahkan dengan berbagai macam selai ataupun sayuran dan dinikmati dengan secangkir susu, kopi, ataupun teh hangat.

Roti tawar merupakan roti yang terbuat dari adonan tepung terigu berprotein tinggi, gula pasir, susu, ragi, mentega, air, dan sedikit garam. Rasanya yang gurih membuat roti ini biasanya disajikan dengan secangkir teh, susu, ataupun dengan selai. Dalam dua lembar roti tawar putih mengandung kalori sebesar 188 kalori, protein 5,6 gr, lemak sebesar 1 gr dan serat 2,4 gr.

Jika ingin sedikit menambah asupan serat, pilih roti tawar yang berbahan dasar tepung gandum. Roti ini memiliki tekstur yang lebih kasar. Dalam 2 lembar roti gandum mengandung 150 kalori, protein 5,2 gr, lemak 0,8 gr dan 6,9 gr.

Untuk roti manis yang berisi selai cokelat dalam 1 buah roti manis ukuran sedang yang berisi 2 sdm selai cokelat atau berat keseluruhannya sekitar 80 gr mengandung 227 kalori, protein 6 gr, lemak sebanyak 3,4 gr, dan 2 gr serat.

Roti sangat cocok untuk semua kalangan umur, mulai dari balita hingga dewasa. Untuk anak-anak dan dewasa roti tawar ataupun roti manis biasanya dibuat dengan berbagai macam topping seperti selai cokelat atau keju.

Untuk menambahkan asupan serat, tambahkan beberapa sayuran seperti daun selada, lettuce, tomat, dan timun. Juga sumber protein seperti daging asap, telur, atau fillet salmon. Selain lebih mengenyangkan nutrisinya lebih lengkap.

(fit/odi)