Diet DASH Efektif Turunkan Tekanan Darah dan Berat Badan

- detikFood Jumat, 10 Jan 2014 17:17 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - US News & World Report’s telah merilis sejumlah tren diet yang akan digemari tahun ini. Selain beberapa diet tersebut, para ahli kesehatan juga merekomendasikan diet DASH. Diet ini efektif menurunkan berat badan tanpa efek samping.

Awalnya diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) diciptakan bukan untuk menurunkan berat badan, melainkan untuk menurunkan tekanan darah. Diet ini menganjurkan pelakunya megonsumsi cukup kalium, kalsium, protein, dan serat. Asupan kalori, lemak, dan sodium juga harus dibatasi.

Diet ini menduduki peringkat teratas sebagai diet terbaik versi US News & World Report’s karena mudah dilakukan, membantu menurunkan berat badan sekaligus tekanan darah, dan tidak memiliki efek samping.

“Diet DASH sangat baik karena terbukti sesuai dengan rekomendasi gizi. Diet ini memfokuskan pada konsumsi makanan kaya gizi yang seimbang, seperti buah dan sayur, protein tanpa lemak, kacang-kacangan, lemak sehat, dan produk olahan susu serta biji-bijian,” ujar Sarah-Jane Bedwell, R.D., selaku ahli gizi.

Keuntungan lain dari diet ini adalah pelakunya masih boleh mengonsumsi makanan manis, tentunya dalam porsi yang wajar. Hal ini memungkinkan diet DASH diterapkan lebih lama oleh pelakunya.

Salah satu hal yang sedikit rumit dari diet ini adalah pelakunya harus mengecek kadar sodium secara rutin. “Ada makanan yang secara alami telah mengandung sodium dan ada pula makanan yang ditambahkan sodium. Saya pikir lebih penting mengurangi asupan garam daripada menghindari kandungan sodium dalam beberapa makanan,” ujar Bedwell.

(dni/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com