Diet Detoks 300 Kalori Sehari a la Gwyneth Paltrow Dianggap Kurang Sehat

- detikFood Rabu, 08 Jan 2014 06:51 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Gwyneth Paltrow, aktris Hollywood yang berperan sebagai Pepper Potts di film trilogi Iron Man ini ternyata sangat peduli terhadap makanan sehat. Tak heran jika ia memang memiliki tubuh langsing dan menawan.

Rahasianya ternyata ada pada diet detoks 300 kalori sehari ala-nya. Namun, para pakar nutrisi beranggapan diet detoks ini kurang sehat.

Seperti dilansir oleh Women’s Health (6/1/2014), Gwyneth Paltrow meulisikan diet detoks 300 kalori sehari pada artikel di mingguan Goop. Menurut Paltrow, diet detoks 300 kalori ini dapat menjadi detoksifikasi yang baik selama musim dingin.

Pada diet detoks 300 kalori sehari ini, asupan kalori dibatasi hanya 300 kalori saja. Setiap pagi pelaku diet ini diwajibkan untuk minum segelas air putih dengan suhu ruangan dan diberi air jeruk lemon.

Setiap makanan utama yang disajikan juga harus mengandung unsur detoks yang baik. Seperti sup wortel dan dada ayam tanpa kulit. Biji-bijian sehat seperti biji labu dan biji bunga matahari juga disajikan sebagai camilan di sore hari.

Menurut Gwyneth Paltrow, diet detoks yang dianutnya ini juga sama sekali tidak mengandung kafein, gula, dan gluten. Karenanya sangat cocok untuk menjaga tubuh dari rasa dingin dan rasa lapar yang berlebihan selama musim dingin.

Diet detoks ini kedengarannya memang sehat. Tapi ahli nutrisi punya pendapat yang berbeda. Karena diet detoks 300 kalori ini dianggap dapat mengorbankan kesehatan.

“Makan hanya 300 kalori per hari membuat tubuh hampir tidak mungkin dapat menyerap vitamin dan mineral penting. Hal ini justru akan membuat sistem kekebalan tubuh jadi melemah dan tidak berenergi”, demikian tutur Erin Palinski, seorang ahli gizi di New Jersey.

Jika diet detoks ditujukan untuk membersihkan tubuh dari makanan-makanan yang tidak sehat, sebenarnya hal tersebut sudah dilakukan otomatis oleh tubuh.

“Apapun yang kita makan pastinya akan diserap oleh hati dan ginjal, dan saat itu lah proses detoksifikasi alami sedang berlangsung di dalam tubuh” kata Palinski.

Sebenarnya untuk membuang racun, tidak perlu menghilangkan makanan dari zat gizi tertentu atau menghilangkan gula seperti diet detoks ala Gwyneth Paltrow. Dengan makan makanan alami bergizi seimbang, mengurangi asupan natrium, dan menghindari makanan buatan sudah cukup untuk diet detoks yang sehat.

(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com