Sapi yang Diberi Pakan Rumput dan Red Clover Hasilkan Susu Tinggi Omega

- detikFood Rabu, 04 Des 2013 06:42 WIB
Foto: healthyfoodisapieceofcake.blogspot.com / ayay.co.uk
Jakarta - Konsumsi lemak jenuh hewani, seperti daging dan susu, berdampak buruk bagi kesehatan. Karena berisiko sebabkan penyakit kolesterol dan jantung. Sedangkan lemak tak jenuh dinilai lebih baik karena menyehatkan jantung.

Penelitian menunjukkan, susu sapi ternyata bisa mengandung lebih banyak asam lemak tidak jenuh bila sapi diberi pakan rumput segar dan red clover.

Seperti dikabarkan Science Daily (03/12/2013), Anni Halmemies-Beauchet-Filleau selaku peneliti dari University of Helsinki mempelajari pengaruh pakan terhadap metabolisme lemak sapi dan komposisi asam lemak dalam susu.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi pemberian pakan sapi agar susu yang dihasilkan tidak mengandung terlalu banyak asam lemak jenuh dan tinggi kandungan asam lemak tidak jenuh, terutama omega 3 dan omega 9.

Penelitian mengungkapkan sebagian lemak susu berasal dari kelenjar susu sapi, sedangkan sisanya berasal dari lemak yang terdapat dalam pakan ternak. Sementara itu, kandungan asam lemak tidak jenuh dalam pakan ternak akan berubah menjadi asam lemak jenuh lewat proses biohidrogenasi.

“Pemberian pakan bisa mempengaruhi metabolisme lemak dan komposisi lemak dalam susu,” ujar Halmemies-Beauchet-Filleau. Ia mengungkapkan, pemberian pakan rumput segar bisa mengurangi asam lemak jenuh dan meningkatkan kandungan omega 9 dalam susu dibanding pemberian pakan jerami.

Selain rumput segar, sapi yang diberi pakan semanggi merah atau red clover menghasilkan susu yang tinggi kandungan omega 3.

“Mengganti rumput dengan red clover membuat asam lemak jenuh menurun signifikan sekaligus meningkatkan kandungan omega 3 dalam susu,” jelas Halmemies-Beauchet-Filleau.

(odi/odi)