Yogurt dan Salmon Baik Untuk Daya Tahan Tubuh Wanita Hamil dan Janin

- detikFood Jumat, 17 Mei 2013 17:21 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Pola makan ibu hamil banyak dihubungkan dengan ngidam makanan yang tidak sehat. Walaupun terkadang keinginan ngidam bisa dituruti, asupan nutrisi yang baik untuk ibu dan janin harus tetap dijaga. Ganti asupan camilan tidak sehat dengan makanan enak kaya asam lemak baik dan folat.

Saat hamil, wanita dianjurkan lebih teliti membeli produk makanan. Juga menghindari produk yang mengandung MSG, zat kimia tambahan, lemak trans, pewarna buatan, dan produk dalam kemasan plastik yang bisa mengandung BPA. Selain itu juga membatasi konsumsi kopi dan sushi.

Seperti yang direkomendasikan oleh Fox News (17/05/2013) wanita hamil sangat dianjurkan mengonsumi protein hewani organik yang tidak diberikan tambahan hormon dan antibiotik. Selain itu, perlu menambah asupan makanan yang mengandung probiotik, lemak baik, dan folat selama masa kehamilan.

Konsumsi makan kaya probiotik selama masa kehamilan bisa menjaga kesehatan pencernaan dan membantu menguatkan sistem imunitas ibu dan janin. Probiotik bisa dimasukkan dalam pola makan melalui bahan makanan fermentasi seperti kefir, yogurt tawar, kimchi, dan acar sayuran.

Sebaliknya wanita hamil sebaiknya mengonsumsi lemak, khususnya asam lemak baik seperti Omega-3 dan DHA. Kehadiran kandungan tersebut sangat penting untuk perkembangan otak bayi, organ, dan jaringan tubuh.

Mentega organik dan minyak kelapa kaya akan asam lauric yang mengandung anti bakteri dan antioksidan bisa menjaga imunitas tubuh. Jenis ikan seperti salmon, herring, dan sarden mengandung omega-3 dan DHA.

Satu lagi kandungan yang sangat penting untuk wanita hamil yaitu folat. “Ada hubungan langsung antara asupan folat dan penurunan risiko neural tube defect atau pembentuk bagian tubuh kurang sempurna. Folat juga bisa mengurangi risiko anemia pada sang ibu, keguguran, dan kelahiran prematur,” tutur Dr. Luis Espaillat-Rijo selaku assistant professor of obstetrics and gynecology di University of Miami.

Makanan yang mengandung folat tinggi antara lain hati dengan tingkat folat lebih tinggi daripada bayam. Racik camilan yang terdiri dari biji bunga matahari, sayuran berdaun hijau gelap, dan kacang-kacangan juga sumber folat terbaik saat hamil.



(flo/odi)