5 Fakta Kopi Papua Wamena yang Diburu Masyarakat Dunia

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

5 Fakta Kopi Papua Wamena yang Diburu Masyarakat Dunia

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 29 Jan 2023 06:00 WIB
7 Negara Ini Tercatat Sebagai Penghasil Kopi Terbesar Tahun 2021
Foto: Getty Images/iStockphoto/alxpin
Jakarta -

Kota Wamena, Papua memiliki kopi yang istimewa dan berkualitas tinggi. Biji kopinya yang populer menjadi rebutan di pasar kopi internasional.

Tidak hanya dikenal sebagai negara penghasil rempah, Indonesia juga populer dengan produksi biji kopinya. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki biji kopi dengan kualitas yang istimewa.

Pada pasar kopi Internasional, biji kopi asal Indonesia dinilai sebagai produk yang cukup mendominasi dan diperebutkan oleh banyak negara. Hal ini lantaran kualitas dan karakteristik biji kopi asal Indonesia yang unik dan spesial.

Salah satu wilayah penghasil kopi terbaik adalah Wamena, Papua. Biji kopi asal Wamena ini diketahui sebagai salah satu biji kopi yang mampu bersaing dengan banyak biji kopi dari berbagai negara di dunia. Banyak juga fakta menarik di balik biji kopi yang spesial ini.

Berikut ini 5 fakta biji kopi Papua Wamena yang mendunia menurut Coffee Arks:

Selain Kafein, Senyawa pada Kopi Ini Juga Baik untuk KesehatanTanaman kopi Papua Wamena dirawat dengan cara yang alami tanpa pestisida. Foto: Getty Images

1. Penanaman alami

Biji kopi Papua Wamena memiliki teknik penanaman yang unik. Semua tahapannya dilakukan secara alami dan dijaga teratur oleh para petani kopi mulai dari pembibitan hingga pemanenan.

Tanaman kopi Papua Wamena tidak menggunakan pestisida sama sekali untuk melindungi tanamannya dari hama. Konon teknik penanaman ini yang dipercaya mampu memberikan hasil rasa biji kopi dengan kualitas yang sangat tinggi.

Semua aroma dan rasa dari tanaman sekitarnya dibiarkan menyerap ke dalam tanaman kopinya untuk memberikan rasa biji kopi yang lebih istimewa. Cara penanaman yang alami ini terbukti membuat biji kopi asal Papua Wamena diperkaya dengan aroma bunga-bungaan yang langka.

2. Rasanya yang segar

Ditanam bersamaan dengan tumbuhan yang lain, tanaman kopi Papua Wamena menyerap nutrisi dari tanah dengan sangat baik. Hal ini yang membuat biji kopi Papua Wamena memiliki cita rasa yang khas terbentuk secara alami.

Biji kopi Papua Wamena terkenal dengan cita rasa mirip cokelat, tingkat keasaman yang menengah serta karakter kopi yang pekat. Banyak penikmat biji kopi yang satu ini menyebutkan bahwa rasanya yang unik sangat dipengaruhi dengan karakter tanah di Papua.

Hutan-hutan di Papua yang masih ditumbuhi dengan tanaman-tanaman langka memberikan tambahan rasa alami pada kopi yang berbeda dengan biji kopi lainnya. Bahkan kekayaan yang disimpan dalam tanah Papua dinilai menjadi faktor utama yang membuat semua tanaman yang tumbuh di atasnya punya rasa spesial.

Fakta biji kopi Papua Wamena lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Sambut Ramadan, All Food Indonesia Kembali Hadir untuk UMKM"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT