Pelayan Resto Ingin Pelanggan Lakukan Hal Ini Setelah Selesai Makan

ADVERTISEMENT

Pelayan Resto Ingin Pelanggan Lakukan Hal Ini Setelah Selesai Makan

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 23 Jan 2023 07:00 WIB
Pelayan Resto Ingin Pelanggan Lakukan Hal Ini Setelah Selesai Makan
Foto: TikTok @bubblesonthemoon
Jakarta -

Saat makan di restoran, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pelanggan. Salah satunya ketika pelayan ingin pelanggan membantu membersihkan piring bekas makannya seperti ini.

Istilah pelanggan sebagai seorang raja mungkin kerap dipercaya. Namun tetap saja ketika pelanggan makan di sebuah restoran ada beberapa peraturan sederhana yang harus dipahami. Salah satu yang diharapkan yaitu ketika pelanggan bisa membersihkan piring bekas makannya dengan benar.

Terkadang pelanggan suka membantu pelayan untuk mengatur piring bekas makan agar lebih mudah dibersihkan. Namun beberapa pelayan mengungkap jika pelanggan bisa saja membuat kesalahan sederhana yang akhirnya menyulitkan pembersihan meja itu.

Hal ini diungkap dalam sebuah video di TikTok yang menunjukkan beberapa tanda kesalahan sederhana yang kerap dilakukan oleh pelanggan. Rupanya tanda-tanda ini belum banyak disadari.

Melalui unggahan Tiktoker @bubblesonthemoon, wanita bernama Courtney Mae membagikan video untuk menanggapi komentar yang memintanya untuk memberikan tutorial tentang cara menumpuk piring yang benar setelah selesai makan.

Dalam klip video, terlihat seseorang sedang menunjukkan cara yang benar saat membantu pelayan membersihkan piring bekas makan. Ketika semua makanan sudah habis, pelanggan dianjurkan untuk membantu menaruh sisa makanan ke satu tempat lain kemudian piring bekas itu sebaiknya ditumpuk atas bawah.

Pelayan Resto Ingin Pelanggan Lakukan Hal Ini Setelah Selesai MakanTiktoker ini menunjukkan cara yang disukai oleh pelayan saat ada pelanggan yang ingin membantu membersihkan piring bekas. Foto: TikTok @bubblesonthemoon

Sementara untuk peralatan makan, video ini menunjukkan jika orang tersebut meletakkan alat makan di atas piring. Mangkuk dan piring kecil juga sebaiknya ditumpuk satu sama lain agar lebih mudah dibawa ke dapur.

Courtney yang merupakan salah satu pelayan mengungkap jika ia lebih suka jika pelanggan menumpuk piringnya karena akan lebih efektif bagi pelayan untuk segera membersihkan meja.

Pelayan Resto Ingin Pelanggan Lakukan Hal Ini Setelah Selesai MakanSetiap pelayan restoran punya preferensinya masing-masing. Namun Courtney lebih suka untuk menumpukkan piring bekas menjadi satu. Foto: TikTok @bubblesonthemoon

"Preferensi saya yaitu dengan menumpuknya agar lebih mudah dibersihkan. Mendapat pelatihan ini dengan waktu yang sangat cepat. Tentu saja ini hanya menurut pendapat saja. Sementara cups atau cangkir sebaiknya tidak ditumpuk bersama untuk menghindari gelas tersangkut," ujarnya.

Tetapi menurut Courtney, cara membersihkan meja oleh setiap pelayan akan berbeda-beda. Bisa saja beberapa orang tidak menyukai pelanggan ketika menumpuk alat makannya.

"Sebagian orang suka menumpuk, sebagiannya lagi tidak. Ini tergantung dari setiap individu," lanjutnya.

Unggahan video Courtney pun telah menembus lebih dari 1.000 komentar dengan banyak netizen yang menganggap serius akan hal ini. Sementara lainnya kurang setuju.

Seorang netizen yang telah menerapkan cara seperti ini pun berkomentar, "Saya sudah melakukan hal ini dan menurut banyak orang saya ga,"

Adapun netizen yang menganggap cara tersebut bisa memudahkan pekerjaan pelayan.

"Mengapa tidak membuat pekerjaan orang lain menjadi lebih mudah ketika kamu bisa melakukannya?" komentar netizen lain.

Di sisi lain, tak sedikit netizen yang kurang menyetujui dengan cara membersihkan makanan yang diungkap oleh Courtney.

"Saya percaya bagian terbaik dalam menikmati makanan yaitu dengan tidak melakukan apapun, terutama untuk membersihkan piring," ucap seorang netizen.

Netizen lain justru menyindir cara ini dengan mengungkap, "Besok-besok taruh piring di dapur dan mulai memberishkannya sebelum meninggalkan restoran"

Terlepas dari perdebatan netizen, masih banyak juga yang mengungkap jika mereka akan mulai menerapkan cara ini.

Seperti netizen ini yang berkomentar, "Tidak pernah menjadi seorang pelayan. Tapi saya yakin ini adalah bentuk menghargai kepada pelayan yang melayani kamu."



Simak Video "Resto Jepang Tertua di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT