Ini Masa Simpan Ayam Potong Jika Disimpan di Freezer

ADVERTISEMENT

Ini Masa Simpan Ayam Potong Jika Disimpan di Freezer

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 22 Jan 2023 06:00 WIB
ayam
Foto: Getty Images
Jakarta -

Ayam sering dijadikan persediaan makanan sehari-hari. Meskipun bertahan lama di freezer, tetapi dalam waktu tertentu rasa dan teksturnya bisa berubah. Lantas, berapa lama ayam bertahan di freezer?

Beberapa dapur rumah tangga sering menyimpan ayam beku sebagai persediaan makanan mereka. Ini karena ayam menjadi bahan makanan yang mudah diolah menjadi berbagai hidangan enak.

Ayam juga punya harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan daging sapi maupun seafood. Tak heran jika beberapa orang lebih suka mengolah ayam.

Ada beberapa orang yang membeli ayam langsung dalam jumlah banyak. Jika tidak terpakai semua, sisanya akan disimpan dalam freezer sehingga bisa diolah kembali di lain waktu.

Meskipun ayam bisa bertahan lama di freezer dalam waktu yang cukup lama, namun seiring berjalannya waktu rasa dan tekstur ayam bisa berubah.

Perubahan pada rasa dan tekstur ayam ini tentu akan mengubah rasa dari keseluruhan masakan. Ayam yang sudah disimpan lama juga bisa membahayakan kesehatan orang yang mengonsumsinya.

Untuk itu, lebih baik ketahui terlebih dahulu seberapa lama ayam bisa bertahan di freezer. Merangkum eatingwell.com (30/06/2022), berikut penjelasannya.

1. Berapa Lama Ayam Mentah Bisa Disimpan di Freezer?

ayamAyam mentah yang disimpan dalam freezer sebenarnya bisa bertahan sangat lama. Hanya saja kualitasnya bisa menurun seiring berjalannya waktu. Foto: Getty Images

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), ayam mentah sebenarnya bisa disimpan dalam freezer selamanya. Meskipun sudah melewati tanggal kedaluwarsa, tetapi ayam masih dianggap aman untuk dimakan asalkan dilumerkan terlebih dahulu.

Terlepas dari fakta tersebut, mungkin banyak orang tetap tidak ingin makan ayam yang sudah lama disimpan di dalam freezer. Hal ini karena berkaitan dengan alasan kualitas yang lama kelamaan menurun.

Menurut foodsafety.gov, ayam beku yang disimpan melebihi waktu yang disarankan dapat kehilangan tekstur dan rasanya. Berbicara mengenai waktu simpan, itu juga tergantung dari kondisi ayam tersebut.

Menurut eatingwell.com, ayam utuh bisa tahan sampai 1 tahun. Potongan ayam seperti irisan daging fillet bisa bertahan sampai 9 bulan. Ayam giling waktu ketahannya sekitar 3 sampai 4 bulan. Beda lagi jika ayam sudah diolah menjadi sosis. Waktu ketahanannya akan lebih sedikit sekitar 1 sampai 2 bulan.

2. Cara Membekukan Ayam Mentah

Jika membeli ayam mentah di supermarket maupun di tukang ayam langganan, sebaiknya langsung disimpan dengan benar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan ayam mentah dalam freezer.

Ayam bisa disimpan di dalam kemasan aslinya asal bungkusnya memang belum dibuka. Tetapi bungkus plastik tersebut cenderung mudah menyerap udara dan dapat menyebabkan daging ayam terkena freezer burn atau mengering.

Apabila waktu penyimpanannya mau diperpanjang, bisa ditambah dengan lapisan bungkus lain, salah satunya tambahan alumunium foil.

Ayam juga bisa disimpan dalam wadah kedap udara. Ini memungkinkan kualitas daging ayam lebih terjaga, terutama jika sebelumnya ayam disimpan dalam kantong yang disegel dengan vakum.

Letak penyimpanan di dalam freezer juga menentukan kualitas ayam. Untuk memaksimalkan kualitasnya, sebaiknya ayam yang sudah disimpan dalam kemasan diletakkan pada bagian dalam kulkas yang jauh dari pintu. Hal ini dilakukan untuk mencegah fluktuasi suhu.



Simak Video "Cobain Sate Gerobakan Terlaris Era 90-an di Punawarman Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT