Jual Daging Burger Ayam Sembarangan, Perusahaan Ini Didenda Rp 456 Juta

ADVERTISEMENT

Jual Daging Burger Ayam Sembarangan, Perusahaan Ini Didenda Rp 456 Juta

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 21 Jan 2023 19:00 WIB
Jual Daging Burger Ayam Sembarangan, Perusahaan Ini Didenda Rp 456 Juta
Foto: Site News
Jakarta -

Singapura punya regulasi yang ketat tentang masalah makanan impor. Perusahaan ini didenda Rp 456 juta karena jual daging ayam sembarangan.

Selain memiliki banyak peraturan ketat seputar makanan. Regulasi tentang penyebaran makanan hasil import juga diawasi dengan ketat oleh pihak yang berwenang di Singapura.

Sebelum distributor bisa menjual produk makanan impor mereka di Singapura. Ada beberwapa tahap yag harus dilalui, salah satunya proses inspeksi, pemeriksaan dan sertifikasi oleh pihak yang berwenang untuk memastikan makanan yang dijual aman dikonsumsi.

Bagi daging atau ikan impor yang ternyata tak layak konsumsi, akan dihancurkan saat itu juga untuk mencegah penyebaran virus atau penyakit.

Dilansir dari STOMP (20/01), baru-baru ini perusahaan impor daging beku Sin Li-Hin Frozen Food kena denda sebanyak SGD 40.000 (Rp456 Juta). Usai tertangkap menjual chicken patties atau daging burger ayam yang diimpor pada bulan April 2022 lalu.

Jual Daging Burger Ayam Sembarangan, Perusahaan Ini Didenda Rp 456 JutaJual Daging Burger Ayam Sembarangan, Perusahaan Ini Didenda Rp 456 Juta Foto: Site News

Sin Li-Hin Frozen Food ternyata menjual daging beku ini tanpa sertifikasi dari Singapore Food Agency (SFA). Paling banyak mereka memang menjual produk frozen food atau makanan yang sudah dibekukan.

Dalam undang-undang negara Singapura sendiri, bagi pihak distributor atau orang yang tidak melalui proses sertifikasi dari pihak SFA. Bisa mendapatkan denda lebih dari SGD 10.000 (Rp 114 juta), hingga kurungan penjara maksimal satu tahun.

Namun bagi mereka yang ketahuan menjual makanan impor secara diam-diam tanpa SFA, dendanya lebih besar yaitu bisa mencapai SGD 50.000 (Rp 570 juta). Termasuk hukuman paling lama dua tahun penjara.

Kejadian seperti ini bukan pertama kali. Sebelumnya seorang warga negara China didenda ratusan juta rupiah karena dikabarkan melakukan penyelundupan daging sebanyak ratusan kilogram di dalam koper. Ia memasukkan beragam jenis daging ke dalam koper untuk dibawa ke Singapura.

Ada beberapa koper bermuatan daging babi, sapi, hingga kelinci yang diselundupkan melalui penerbangan ke Singapura. Total daging yang diselundupkan mencapai berat 226 kilogram.

Dikarenakan penyelundupan tersebut masuk seperti impor ilegal, maka warga China itu dikenai denda yang cukup tinggi. Menurut pernyataan bersama oleh SFA dan Otoritas Imigrasi, warga China itu dikenai denda sebesar S$17.500 atau senilai Rp 184 juta.

Baca Juga: Selundupkan 226 Kg Daging di Koper, Warga China Ini Kena Denda Rp 184 Juta" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Makan Aneka Lauk Disiram Sambel Dower"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT