Heboh Poster Sebut Oreo di Eropa Mengandung Babi, Ini Faktanya!

ADVERTISEMENT

Heboh Poster Sebut Oreo di Eropa Mengandung Babi, Ini Faktanya!

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 21 Jan 2023 10:00 WIB
Oreo mengandung babi
Foto: Facebook
Jakarta -

Heboh poster yang menyebutkan bahwa biskuit Oreo haram dikonsumsi muslim karena mengandung lemak dan susu babi. Ini faktanya sebenarnya!

Belakangan ini viral di media sosial sebuah poster yang menyebutkan bahwa Oreo haram. Dalam poster tersebut terdapat gambar kemasan Oreo dengan tulisan Bahasa Inggris dan Bahasa Urdu.

"Bagikanlah! Buka mata anda, perusahaan yang resmi mengumumkan bahwa biskuit Oreo dilarang untuk umat muslim karena terbuat dari lemak dan susu babi. Bagikan ke teman-teman anda sadar," bunyi tulisan di poster.

Di poster itu juga menyertakan nama perusahaan Zamjam Realtors beserta nomor telepon dan email yang menunjukkan bahwa perusahaan tersebutlah sumber informasi ini.

Baca Juga: Jika Muslim Makan Makanan Haram, Apakah Tubuhnya Jadi Haram? Ini Penjelasannya

Oreo mengandung babiOreo mengandung babi Foto: Facebook

Dikutip dari Alt News (16/01/23) mereka telah menghubungi nomor telepon perusahaan Zamjam Realtors yang tertera untuk memverifikasi keaslian informasi haramnya Oreo.

Pihak Zamjam Realtors mengkonfirmasi bahwa mereka tidak mengetahui soal poster Oreo haram. Mereka mengklaim bahwa seseorang yang tidak bertanggung jawab telah menggunakan nomor, email dan logo mereka untuk menyebarkan informasi bohong.

Dilansir dari situs web Oreo UK, Oreo yang diproduksi di Eropa memang tidak bersertifikat halal. Namun, komposisi dan proses produksi Oreo sama sekali tidak melanggar syariat Islam.

Tak hanya di Eropa saja, dari sumber lain juga disebutkan bahwa Oreo di Amerika Utara dan Kanada juga tidak bersertifikasi halal. Meski begitu, perusahaan menegaskan bahwa produknya tidak mengandung alkohol dan babi.

Baca Juga: Hati-hati! Daging Wagyu Bisa Jadi Haram Karena Hal Ini

Oreo mengandung babiOreo mengandung babi adalah hoax. Foto: Facebook

Namun ada lima varian Oreo yang tidak sesuai syariat Islam. Varian tersebut adalah 'Oreo Strawberry Cheesecake', 'Oreo Choc'o Brownie', 'Oreo Enrobed Milk & White', 'Oreo Cadbury Coated' dan 'Oreo Crunchy Bites'.

Lebih lanjut, seorang teknolog makanan juga menjelaskan bahwa Oreo dibuat pada suhu 240-300 derajat Celcius. Hal ini tidak mungkin membuat alkohol dapat bertahan dalam proses itu.

Jika Oreo mengandung susu dan lemak babi, tidak tidak memungkin ka karena di kemasan Oreo terdapat simbol hijau yang mengartikan bahwa Oreo merupakan produk vegetarian.

"Semua produk yang diproduksi oleh Mondelez India Foods Pvt Ltd di India berasal dari vegetarian. Titik hijau di bungkusnya menegaskan hal itu," ujar pihak Mondelez.

Jadi, kesimpulannya poster yang menyebutkan Oreo haram adalah kabar bohong atau hoax.

Baca Juga: Meski Melezatkan, 5 Bumbu Masakan Ini Haram Dikonsumsi Umat Muslim



Simak Video "Oreo BLACKPINK Viral, Ada yang Jual hingga Rp 700.000"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT