Asam Segar! Garang Asem Ayam Khas Jawa Ada di 5 Tempat Ini

ADVERTISEMENT

Rekomendasi Makan Siang

Asam Segar! Garang Asem Ayam Khas Jawa Ada di 5 Tempat Ini

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Rabu, 07 Des 2022 12:00 WIB
Teras Budhe di Panglima Polim, Jakarta Selatan, restoran Jawa yang cocok buat tempat bukber.
Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Siang ini mau cicip makanan Jawa yang menyegarkan? Coba paduan nasi hangat dengan garang asem nikmat di sini. Cek rekomendasinya.

Garang asem adalah makanan khas Jawa Tengah yang mudah dikenali dari tampilannya. Garang asem dibungkus daun pisang, berisi potongan ayam atau ati ampela yang diberi beragam rempah.

Garang asem bercita rasa pedas, asam, dan menyegarkan karena ditambahkan potongan cabe dan belimbing sayur. Makanan ini lalu dikukus hingga matang dan wangi aromanya.

Garang asem enak dimakan bersama nasi hangat. Dijamin memuaskan untuk santap siang ini. Ada di mana saja garang asem enak? Berikut detikfood memberikan rekomendasinya:

1. Teras Budhe

Teras Budhe di Panglima Polim, Jakarta Selatan, restoran Jawa yang cocok buat tempat bukber.Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Di kawasan Panglima Polim ada restoran Jawa yang tempatnya nyaman dan enak menunya. Namanya Teras Budhe dengan menu andalan, salah satunya garang asem ayam kampung.

Per porsinya dibanderol sekitar Rp 75.000. Masakan khas Jawa Tengah ini berisikan 3 potong ayam kampung. Di dalamnya ada irisan tomat, belimbing wuluh, dan cabe rawit.

Garang asem di sini tak menggunakan santan, jadi kuahnya bening dari kaldu ayam. Ada juga penambahan bawang putih goreng yang memberi aroma dan rasa nikmat khas.

Teras Budhe
Jl. Panglima Polim V No.15, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan
Telepon: (021) 27096632

2. Chop Buntut Cak Yo

Chop Buntut Cak Yo adalah restoran spesialis penyaji olahan buntut sapi. Gerainya tersebar di mall-mall besar di Jakarta.

Selain sop buntut dan kari buntut yang populer, kamu juga bisa menikmati garang asem buntut di sini. Pilihan lainnya, garang asem daging iga. Harganya berkisar Rp 70.000 per porsi.

Chop Buntut Cak Yo
Setiabudi One
Mall Kota Kasablanka
Gandaria City

3. Garang Asem Om Kidang

Resep Garang Asem Ayam Tanpa Santan dan Daun PisangFoto: iStock

Di kawasan Cilandak ada rumah makan sederhana yang menawarkan garang asem sebagai salah satu menu andalannya. Ada juga soto Kudus dan ayam kremes yang sayang dilewatkan.

Untuk garang asem tersedia banyak pilihan. Tak hanya ayam, tapi juga garang asem tongkol, patin, tuna, dan bahkan kepala patin. Menu ini dijual satuan atau per paket dengan nasi.

Harga garang asem dengan nasi sekitar Rp 30.000an. Di Garang Asem Om Kidang, kamu juga bisa beli kuahnya saja.

Garang Asem Om Kidang
Jl. Terogong II No.33B, RT.7/RW.10, Cilandak Bar., Kec. Cilandak
Telepon: 0857-4147-2097

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Masak Masak: Resep Ayam Garang Asem"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT