5 Es Tradisional Khas Jawa Timur yang Segar Nikmat Bisa Hilangkan Dahaga

ADVERTISEMENT

Uenak Poll! Kuliner Jawa Timur

5 Es Tradisional Khas Jawa Timur yang Segar Nikmat Bisa Hilangkan Dahaga

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 27 Nov 2022 15:00 WIB
Manis Segar! Es Pleret Pak Tjip Khas Blitar Ini Rp 5.000 Saja
Foto: Andi Annisa DR/detikfood
Jakarta -

Sajian es tradisional khas Jawa Timur banyak yang menyegarkan dahaga. Kamu bisa mencicipi es pleret hingga es sinom kalau sedang kulineran di Jawa Timur.

Tak hanya makanannya yang menarik dan lezat, tapi sajian es khas Jawa Timur tak kalah menyelerakan. Ada banyak ragamnya dan setiap sajian memiliki ciri khas berbeda. Ada es yang terbuat dari adonan tepung dan buah-buahan.

Es khas Jawa Timur ini tersebar di beberapa kota. Ada 5 sajian yang populer, seperti es pleret, es gudir, hingga es buto ijo yang unik.

Baca Juga: Manis Segar! Es Pleret Pak Tjip Khas Blitar Ini Rp 5.000 Saja

Berikut 5 es khas Jawa Timur yang dapat menyegarkan dahaga:

1. Es Pleret

Manis Segar! Es Pleret Pak Tjip Khas Blitar Ini Rp 5.000 SajaManis Segar! Es Pleret Pak Tjip Khas Blitar Ini Rp 5.000 Saja Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Blitar merupakan kota kecil di Jawa Timur yang memiliki sajian es menarik dan enak. Namanya Es Pleret yang di dalamnya berisikan isian pleret yang terbuat dari adonan tepung beras bertekstur kenyal dengan bentuk agak bulat. Ada juga isian dawet dan mutiara.

Es pleret ini disajikan dengan santan yang gurih. Sensasi manisnya bisa dirasakan dari siraman sirup frambos. Ada juga es pleret yang disajikan dengan sirup gula merah dan cokelat.

Penjual es pleret ini banyak tersebar di Blitar. Salah satu yang terkenal adalah Es Pleret Pak Tjip. Minuman legendaris ini juga bisa kamu temui di Es Pleret Patria dan Es Pleret Kebonrojo.

2. Es Dawet Jabung

Es dawet gempol jabungEs dawet gempol jabung Foto: Charolin Pebrianti

Es dawet sudah terkenal di Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Jenis es dawet juga berbeda, salah satu yang unik adalah es dawet jabung khas Ponorogo, Jawa Timur.

Seperti dawet pada umumnya, es ini juga disajikan adonan tepung memanjang yang kenyal. Warnanya bukan hijau, melainkan putih bening.

Jika es dawet biasanya disajikan bersama irisan nangka, tape, atau durian, berbeda dengan dawet jebung yang ditambahkan bola ketan yang legit. Es dawet jabung ini terasa gurih manis karena disajikan dengan santan dan gula merah cair.

Baca Juga: 5 Sego Tempong di Jabodetabek yang Sambalnya Pedas Nampol



Simak Video "Pencinta Rawon Merapat! Ada Warung Khas Jawa Timur yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT