10 Makanan Enak Khas Sukabumi yang Cocok Buat Oleh-oleh

ADVERTISEMENT

10 Makanan Enak Khas Sukabumi yang Cocok Buat Oleh-oleh

Siti Fatimah - detikFood
Minggu, 02 Okt 2022 11:30 WIB
Geco, Tauge Tauco Khas Cianjur
Foto: Ismet Selamet
Jakarta -

Mampir ke Sukabumi? Jangan lupa bawa oleh-oleh dan cicipi makanan enak khasnya. Ada roti, mochi, serabi durian hingga sagon bakar.

Kota Sukabumi menjadi daerah dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat. Meski begitu, ada banyak makanan khas yang wajib dicicipi dan bisa dibawa buat oleh-oleh.

Pengaruh kuliner China dan Sunda membuat makanan khas Sukabumi unik rasanya. Mudah ditemui di berbagai sudut kota. Harganya murah dan rasanya enak. Beberapa makanan sudah melegenda puluhan tahun.

Berikut 10 makanan enak khas Sukabumi yang teruji citarasanya.

1. Mochi

Mochi khas SukabumiMochi khas Sukabumi Foto: Istimewa

Camilan enak ini menjadi favorit bukan hanya oleh masyarakat setempat tapi juga wisatawan. Teksturnya yang lembut dan kenyal, ditambah tampilan warna-warni makin menggoda.

Soal rasa sudah pasti manis dan lumer di mulut. Saat ini sudah banyak varian baru dari mochi yang dijual di Sukabumi misalnya seperti rasa cokelat, matcha, durian, dan lain-lain. Di beberapa toko mochi selalu tersedia dalam beragam pilihan harga dan rasa.

2. Bolu Pisang

Selain mochi, bolu pisang juga kerap dijadikan sebagai oleh-oleh dari Sukabumi. Pasalnya, ada banyak bolu pisang yang sudah melegenda di Kota Sukabumi.

Cita rasa manis dan tekstur lembut dari bolu pisang yang menjadi daya tarik wisatawan. Masyarakat Sukabumi biasanya memproduksi kue bolu buatan rumahan.

Tak hanya rasa pisang saja, beberapa toko buah tangan juga menjual Bolu Pisang dengan tambahan varian lain seperti coklat dan pandan. Tentunya rasa manis dan legit cocok jadi buah tangan untuk keluarga di rumah.

3. Kue Jahe

Kue jahe kini sering disebut juga sebagai kue jadul. Camilan berbahan jahe parut yang dicampur gula merah itu memiliki rasa yang manis dan tekstur renyah di luar lembut di dalam.

Kue kering khas Sukabumi ini termasuk dalam kue legendaris karena sudah ada sejak zaman Belanda. Kini, Kue jahe juga sudah diolah menjadi berbagai bentuk menarik dengan pilihan rasa istimewa.

Selain itu, tentunya kamu juga bisa menjadikan jajanan khas dari Sukabumi ini camilan pelengkap menikmati tehatau kopi hangat pagi dan sore hari.

4. Roti Priangan

Roti Priangan Sukabumi.Roti Priangan Sukabumi. Foto: Istimewa

Di Kota Sukabumi ada roti Priangan legendaris buatan Oey Tjiang Lie. Beragam roti ini sudah diproduksi sejak tahun 1943 dan hanya ada di Sukabumi.

Uniknya dari roti Oey Tjiang Lie yaitu hingga saat ini masih tetap menggunakan oven tradisional. Pembuatan rotinya berbahan baku susu, terigu, dan mentega dan tidak menggunakan bahan pengawet.

Harganya pun murah. Variasi rasanya bermacam-macam mulai dari rasa coklat, susu, pisang coklat, nanas dan lain-lain. Biasanya roti priangan dijual keliling oleh pedagang yang membawa gerobak biru.

5. Sekoteng Singapore

Sekoteng merupakan minuman berkuah yang diadaptasi dari China. Di Kota Sukabumi, makanan ini bisa ditemukan di Jalan A. Yani.

Sekoteng Singapore khas Sukabumi ada tambahan roti berbentuk bulat panjang dan biskuit. Roti ini yang membedakan sekoteng khas Sukabumi dengan sekoteng lain. Di dalam sekoteng ada kacang hijau, kolang kaling, pacar cina, dan jenis kacang-kacangan lain.

Kudapan ini enaknya disantap saat malam hari sambil berjalan-jalan di daerah Kota Sukabumi. Rasanya yang manis dengan rasa pedas hangat dari jahe yang ada dalam kuahnya.

Daftar makanan enak Sukabumi lainnya bisa kamu lihat di halaman berikut ini!



Simak Video "Bikin Laper: Nasi Ungu Ayam Bakar di Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT